Selingan

Wanita tergemuk dievakuasi ke RS pakai crane

Kairo-Iman Ahmed Abdulati (36), wanita tergemuk sejagat dievakuasi dari kamar tidur di rumahnya, di Mesir, menggunakan katrol crane untuk dibawa ke rumah sakit (RS). Wanita berbobot 500kg ini pertama kalinya dalam 25 tahun dievakuasi guna operasi penyelamatan hidupnya.

Iman diterbangkan dengan pesawat kargo dari Mesir ke India, untuk menjalani operasi di sebuah RS. Dia dievakuasi setelah satu ahli bedah terkemuka di dunia menawarkan diri mengobatinya. Ahli bedah itu tetarik menolong Iman setelah keluarganya membuat pengumuman permohonan bantuan.

Di RS di India, Iman menjalani operasi2 untuk mengurangi berat badannya. Dia belum mampu meninggalkan rumahnya di Alexandria selama 25 tahun. Mayoritas waktunya dihabiskan di tempat tidur. Proses evakuasi dengan mesin katrol crane membuat dinding kamarnya harus dihancurkan.

 

Iman sebelumnya kesulitan mengurus visa ke India. Sebab, kedubes India di Kairo menolak mengunjungi Iman untuk pengurusan visa karena  tidak percaya dengan berat badan wanita itu yang kelewat besar. Hukum India mengharuskan pemohon visa diambil sidik jari darinya. Ketentuan itu menyulitkan Iman untuk mengurus visa agar bisa pergi ke India.

Otoritas India akhirnya “mengalah” ketika ahli bedah Dr Muffazzal Lakdawala menulis pesan di Twitter untuk Menlu India Sushma Swaraj memohon bantuan. Berkat ahli bedah itu, Iman bisa urus visanya. Untuk terbang ke India, Iman karena ukuran tubuhnya lengkap dengan tempat tidur tidak mungkin masuk. Dia diangkut pesawat kargo.

Selama di rumahnya, Iman bergantung bantuan ibu dan adiknya. Mereka membantu mengurus keperluan se-hari2: Makan, ganti pakaian, hingga ke kamar mandi. Setelah terbang 7 jam, Iman ditempatkan di truk mini di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji. Dia dibawa ke RS Saifee di Mumbai.

Dia didampingi adiknya dan tim dokter dari RS. ”Dia dengan adiknya Shaimaa Ahmed, tiba di Mumbai  pukul 04.00. Guna mempersiapkan dirinya terbang, tim dokter di Mesir selama 10 hari terakhir, mengoptimalkan kondisinya untuk perjalanan,” kata pejabat RS, dikutip Daily Mirror (11/2/17).

Iman lahir dengan berat di bawah satu stone dan didiagnosis menderita kaki gajah, infeksi parasit yang menyebabkan pembengkakan ekstrem di tungkai dan lengan. Pada saat masih kecil, dia sudah kelewat gemuk yang membuatnya tidak bisa berdiri. Dia terpaksa merangkak dengan lutut.

 

Kondisi itu membuatnya putus dari sekolah dasar. Tragisnya, dia juga menderita stroke otak yang akhirnya membuat Iman terbaring di tempat tidur. (mas; Muhaimin; https://international.sindonews.com/read/1179104/46/pakai-crane-wanita-tergemuk-sejagat-dievakuasi-ke-rs-1486839060)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close