TELKOMGrup dan SEKAR

Internet lemot dan telepon putus2 salah Operator?

Jakarta, kompas.com-Apa yang terpikir ketika anda merasa internet lambat dari operator seluler? Apa yang muncul di pikiran ketika terus drop call (panggilan suara terputus)? Sebagian besar  Anda, mungkin bakal berpikir bahwa hal itu timbul dari kurang bagusnya jaringan dari operator seluler tertentu.

 

Dugaan itu tidak sepenuhnya salah. Terkadang, masalah muncul dari kualitas jaringan yang sedang menurun. Akan tetapi, menurut Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia, terkadang masalah di atas juga datang dari modem yang tertanam di tiap smartphone.

 

Modem yang digunakan smartphone bisa saja kurang berkualitas, sehingga kecepatan internet tidak maksimal. “Persepsinya (masalah kecepatan dan drop call) itu dari jaringannya. Padahal, modem di smartphone berperan penting untuk konektivitas ke BTS,” kata Shannedy di sela2 peluncuran paket bundling Telkomsel dengan Asus Zenfone 3 di Jakarta (16/3/17).

 

“Kalau dikombinasikan dari jaringan dan modem yang bagus bisa memberikan user experience yang tinggi (kecepatan internet yang seharusnya dan tanpa drop call),” imbuhnya.

 

Dua tipe modem

Qualcomm, salah satu pemasok besar modem smartphone. Menurut Shannedy, ada 2 tipe penggunaan modem Qualcomm. Pertama, modem dimasukkan ke System On Chip (SoC/chipset) Snapdragon. Artinya, modem, CPU, GPU, dan modul2 lain tergabung ke sistem chipset. “Model lain, chipset yang digunakan bukan Snapdragon, tetapi tetap pakai modem Qualcomm,” tutur Shannedy.

 

Shannedy mengklaim modem bikinan Qualcomm mendukung jaringan yang luas dan bisa menghindarkan pengguna dari drop call. Di kesempatan sama, Qualcomm, Telkomsel, dan Asus bekerja sama merilis paket bundling Zenfone 3. Total 3 perangkat yang dijual, yakni Zenfone 3, Zenfone 3 Max, dan Zenfone Go. (Deliusno; Reska K Nistanto; http://tekno.kompas.com/read/2017/03/16/18130057/internet.lemot.dan.telepon.putus-putus.salah.operator.benarkah.)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close