Kesehatan

Posisi pegang Mouse Komputer bisa picu Carpal Tunnel Syndrome

Jakarta-Penggunaan komputer dengan mouse bisa dilakukan pekerja kantoran ber-jam2. Dalam melakukannya posisi telapak tangan harus diperhatikan. Jika tidak tepat, bisa memicu carpal tunnel syndrome atau sindrom lorong karpal.

Dijelaskan dr Margareta Arianni SpOT dari RS Premiere Bintaro, sindrom lorong karpal adalah kondisi terdapatnya jepitan pada saraf medianus di tangan. Jika didiamkan, alias saraf yang terjepit tersebut tidak bisa dibebaskan maka akan semakin terjepit.

“Cara pegang mouse yang salah bisa jadi pemicu apalagi dilakukan berdurasi lama. Cara yang salah yaitu terlalu menekan di bagian pergelangan tangan atau malah terlalu melengkung ke atas. Harusnya tangan lurus dan datar ketika menggenggam mouse,” kata dr Margareta dalam Media Gathering ‘Hand Clinic RS Premiere Bintaro’ di RS Premiere Bintaro, Bintaro Jaya, Tangerang, Kamis (12/3/2015).

Gejala carpal tunnel syndrome ialah awalnya tangan terasa sakit, kesemutan, terasa kebas atau baal. Nah, jika dibiarkan kondisi ini akan makin parah karena akan terjadi kerusakan cabang motoris otot yang menggerakkan ibu jari. Sehingga ibu jari tidak bisa menekuk.

“Kalau sudah begitu ibu jari sulit bertemu dengan jari lain. Susah ngancingin baju, susah pegang duit, bahkan pakai sendok juga nggak bisa. Nggak hanya pegang mouse. Kelamaan pegang ponsel atau main play station juga bisa memicu sindrom ini,” imbuh dokter berkacamata ini.

Nah, kesemutan yang menjadi gejala sindrom lorong karpal pada dasarnya merupakan indikasi gangguan saraf sensoris. Penyebabnya, bisa karena faktor mekanis, biochemical, atau sistemik seperti penyakit diabetes yang tidak terkontrol dan menyebabkan kerusakan saraf tepi yang menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki.

“Kita bedakan kesemutan dari penyakit sistemik/dari sifat lokal sindrom karpal atau masalah pada saraf. Perlu diingat saat bermasalah dan kesemutan dalam waktu lama baiknya ke dokter. Kalau didiamkan terjadi kelumpuhan otot akibatnya sampai taraf itu gerakan jari terganggu,” kata dr Margareta. (rdn/vit; Radian Nyi Sukmasari; https://health.detik.com/read/2015/03/12/170254/2857220/763/posisi-pegang-mouse-komputer-yang-tidak-tepat-bisa-picu-carpal-tunnel-syndrome)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close