Aku cinta Indonesia

Keluarga di Daerah Terpencil Dapat Listrik Gratis

Jakarta-PT PLN menuturkan ada banyak warga miskin di daerah terpencil tak mampu bayar biaya penyambungan listrik ke rumahnya. Padahal, jaringan listrik PLN sudah sampai di depan rumahnya.

Biaya pasang sambungan listrik ke rumah Rp 600.000 itu akhirnya ditalangi PLN supaya masyarakat tidak mampu di daerah ini bisa menikmati listrik, seperti penduduk di kota2 besar.

“Tiap keluarga kan biaya pasangnya Rp 600.000 (450 VA), nah itu mereka enggak bisa bayar. Tapi bayar bulanan Rp 20.000 bisa. Untuk masang pertamanya enggak ada, padahal listriknya sudah sampai di depan rumah. Biaya pasang Rp 600.000 ini yang ditalangi PLN,” ujar Dirut PLN, Sofyan Basir, (2/3/2017).

Dalam 2 tahun terakhir ini, PLN telah melistriki kurang lebih 900.000 keluarga di wilayah terluar, terpencil, dan terisolasi. Sekitar 90.000 keluarga di antaranya tergolong tidak mampu. Biaya penyambungan listrik ke rumah mereka ditanggung oleh PLN.

“Di daerah terpencil, hampir 900.000 KK yang 2 tahun ini kita listriki. Itu mungkin 10% gratis karena enggak punya uang untuk pemasangan,” ucapnya. Selain dari PLN, perusahaan2 pelat merah lain juga membantu warga miskin di daerah terpencil supaya bisa berlangganan listrik PLN.

“Kemarin kami dibantu juga CSR (Corporate Social Responsibility) dari BUMN-BUMN lain, kita sendiri PLN juga melakukan itu. Kita gabung, ada bank, ada BUMN tambang, yang menyisihkan untuk itu,” ungkap Sofyan.

Tapi tak semua warga miskin mendapat sambungan gratis. Ada juga yang mencicil biaya sambungan listrik selama 24 bulan. “Solusi lain, mereka bayar tapi cicil 24 bulan,” tutupnya. (mca/hns;  http://detik.id/VkzzaU)-FatchurR

0412p-Walikota-Bupati Pasuruan dapat penghargaan: Pemimpin Inspiratif-a6 siap

Pasuruan-Dua pemimpin di Kota dan Kabupaten Pasuruan dinobatkan sebagai Kepda Inspiratif 2017 versi SINDO Weekly, majalah mingguan terbitan Media Nusantara Citra (MNC) grup. Wali Kota Pasuruan Setiyono yang  menjabat 1 tahun berhasil menginsipirasi kemajuan bidang UMKM. Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf jadi kepda berprestasi bidang Agro Industri.

Penghargaan SINDO Weekly bertajuk Goverment Award ini diberikan ke wali kota, bupati, dan gubernur di Indonesia yang berprestasi membanggakan di bidang masing2. Para kepala daerah yang meraih penghargaan ini kepala daerah yang bukan saja kreatif, tapi tangguh membangun daerahnya dengan segala keterbatasannya.

Wali Kota Pasuruan Setiyono mengungkapkan rasa terima kasihnya ke masyarakat yang mendukungnya segala kebijakan dan kegiatan dalam rangka peningkatan UMKM. Dia juga memberikan apresiasi terhadap SINDO Weekly yang memberikan kepercayaan dengan penghargaan dalam pengembangan sektor UMKM di Kota Pasuruan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Pasuruan yang mendukung kebijakan pemerintah khususnya dalam pengembangan sektor UMKM. Kota Pasuruan memiliki potensi UMKM yang luar biasa dan dikenal luas masyarakat Indonesia,” kata Setiyono.

Setiyono berharap agar masyarakat terus bersemangat membangun Kota Pasuruan jadi lebih maju lagi. Segala potensi ekonomi khususnya bidang UMKM harus dikembangkan dengan kreatif dan inovasi tinggi agar mampu menembus pasar global. Sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat.

Penegasan serupa disampaikan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf yang dinobatkan kepda inspiratif bidang pengembangan Agro Industri. Penghargaan ini bagian hasil kerja keras semua pihak mewujudkan Kab-Pasuruan yang Sejahtera dan Maslahat. Prestasi bidang agro industri tidak terlepas dari upaya promosi potensi hasil pertanian unggulan Kabupaten Pasuruan.

“Promosi produk pertanian unggulan ini gencar dilakukan pada berbagai even pameran di Indonesia. Promosi ini juga didukung dengan kegiatan di Kabupaten Pasuruan yang melibatkan langsung petani dalam mengenalkan produk unggulannya,” kata Iryad Yusuf.

Beberapa produk pertanian unggulan diantaranya adalah bunga sedap malam dan krisan, durian, apel manalagi, mangga alpukat klonal 21. Potensi pertanian ini telah diakui sebagai produk unggulan khas Kabupaten Pasuruan yang disuka masyarkat Indonesia.

“Komitmen kami terus mengeksplore dan mengembangkan potensi2 pertanian agar makin dikenal luas masyarakat di Indonesia. Kerja keras ini ikhtiar dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat” kata Irsyad Yusuf. (wib; Arie Yunianto; https://daerah.sindonews.com/read/1194241/23/wali-kota-dan-bupati-pasuruan-dianugerahi-penghargaan-pemimpin-inspiratif-1491307922)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close