Kesehatan

Asupan sehat bagi yang berberbuka dan sahur

Jakarta-Memilih makanan sehat selama puasa jadi hal penting. Ada jenis2 makanan sehat untuk berbuka puasa dan sahur. Pemilihan makanan untuk mencegah timbulnya penyakit yang dialami seseorang yang sedang berpuasa. Lantas bagaimana cara memilih makanan itu?

Seorang chef, yaitu Chef Aditia, memberi tips memilih makanan yang tepat untuk berbuka dan sahur. Menurutnya, pemilihan jenis makanan sehat itu tidak mengganggu sistem pencernaan saat berpuasa. “Makanan yang tidak memancing asam lambung. Makanan segar yang penting. Makanan netral,” ujar Chef Aditia kepada Sindonews di Jakarta.

 

1-Ayam Goreng
Ayam goreng hidangan dari daging ayam dicampur tepung bumbu digoreng dalam minyak goreng panas. Jenis makanan ini jadi pilihan tepat dan sehat dikonsumsi saat bulan puasa. Ayam goreng yang dimaksud di sini bukanlah ayam goreng seperti di restoran cepat saji, melainkan buatan sendiri di rumah.

 

2-Sup ayam
Memilih jenis makanan berkuah saat santap sahur sangat penting. Salah satunya adalah sup ayam. sup yang terbuat dari ayam, yang dicampur dengan berbagai bahan makanan lainnya merupakan makana sehat yang baik dikonsumsi, baik saat berbuka puasa maupun sahur.

 

3-Kurma
Palm fruit / kurma, buah asal dari pohon palem yang ditemukan di wilayah Mediterania. Buah asal Timur Tengah ini jadi makanan khas saat Ramadan. Kurma memiliki  manfaat kandungan seperti vitamin, zat besi dan juga kalsium. Kandungan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

 

4-Tumis sayuran
Sayuran penting saat sahur. Ini karena kandungan serat yang tinggi pada sayuran dibutuhkan saat berpuasa sehingga memperlancar pencernaan saat buang air besar dan mengurangi risiko sembelit yang biasa terjadi.

 

5-Salad
Dessert ini cocok untuk berbuka puasa. Beberapa buah yang terkandung dalam salad sangat penting meningkatkan vitamin usai menjalani puasa. (alv; Rina Anggraeni; https://lifestyle.sindonews.com/read/1208603/155/5-jenis-makanan-sehat-untuk-berbuka-puasa-dan-santap-sahur-1495908869)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close