Islam

Negara dengan Waktu Berpuasa tersingkat

Jakarta, CNN Indonesia-Pemeluk Islam di Indonesia bisa dibilang beruntung, karena tiap hari bisa menjalani ibadah puasa “hanya” hampir 13 jam. Sedang, Muslim di belahan dunia lain harus menjalani puasa dengan waktu yang lebih lama, dikarenakan matahari terbit lebih panjang.
Dilansir dari Gulf News (30/5), negara yang waktu berpuasa terlama : Islandia dan Greenland (21 jam), Kazakhstan (18 jam) dan Iran, China (16 jam). Sebagian besar negara dengan waktu puasa lebih lama berada di Eropa, karena aktivitas matahari yang tak bisa diperkirakan. Keuntungannya, berpuasa di sana lebih nyaman, karena suhu udara yang sejuk.
Jika waktu terbit dan tenggelam matahari tak bisa lagi diperkirakan, Islam memberikan “keringanan”  memperbolehkan umatNya  mengikuti waktu berpuasa di kawasan yang paling dekat, dengan perhitungan waktu yang lebih jelas.

Meski sama2 di Eropa, namun ada negara yang waktu berpuasa lebih “bersahabat”, yaitu Rusia (19 jam), Irlandia (18,5 jam), Inggris (18 jam), Perancis (17 jam), Spanyol (16,5 jam) dan Turki (16 jam). Di Amerika, negara yang memiliki waktu berpuasa yang sama ialah Kanada (17 jam), AS (16 jam) dan Peru (12,5 jam).

Dibanding Eropa dan Amerika, Timur Tengah dan Asia memiliki lebih banyak negara dengan waktu berpuasa yang juga “bersahabat”, yakni Yordania dan Jepang (15,5 jam), Arab Saudi, Dubai, Thailand dan Hong Kong (14,5 jam) serta Singapura dan Malaysia (13,5 jam).
Sedangkan negara di dunia dengan waktu berpuasa paling singkat ialah Kepulauan Cocos (12,5 jam) serta Australia dan Argentina (11 jam). Walau singkat, namun suhu udara di negara2 itu tetap membuat puasa jadi lebih “menantang”, karena tahun ini Ramadan jatuh di awal musim panas.
Jika masih ingin merasakan suasana Ramadan di negara tetangga dengan waktu dan suhu yang bersahabat, wisatawan bisa mengunjungi Durban di Afrika Selatan dan Rio de Janeiro di Brazil.

Dilansir dari The Economist, kedua negara itu masing2 waktu puasa “sesingkat” di Asia, selama 12 jam, dengan suhu udara “sesejuk” di Eropa, sekitar 17 Celcius sampai 21 Celcius. (ard; Ardita Mustafa; http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170530140644-269-218254/negara-di-dunia-dengan-waktu-berpuasa-paling-singkat/)-FatchurR

 

Keterangan gambar : Masjid di Amerika Serikat

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close