Iptek dan Lingk. Hidup

Mewujudkan Smart city tanpa invest Infra struktur

Batu-Lintasarta terus berkomitmen memenuhi kebutuhan perwujudan smart city di kota2 di Indonesia melalui solusi IT Services sesuai dengan komponen2 dalam pembangunan smart city. Lintasarta dan Pemkot Batu menandatangani kerja sama implementasi smart city di kota Batu.

Presdir Lintasarta, Arya Damar memberikan semangat ke pejabat pemda untuk bekerja sama dan gotong-royong menjalankan smart city. “Lintasarta Smart City memberikan kemudahan informasi dari pemkot ke masyarakat dan wisatawan dengan platform command center dan aplikasi karya anak bangsa,” ujar Arya tertulis.

Produk Lintasarta Smart City yang diimplementasikan di Kota Batu al : Laporan masyarakat, informasi kota, dan smart farming yang berkolaborasi dengan command center Smart City yang dimiliki Pemkot Batu. Laporan masyarakat memungkinkan mereka di suatu daerah lapor keadaan lingkungan di sekitar ke pemkot.

 

Lalu informasi kota memudahkan masyarakat dan wisatawan mengetahui kegiatan, tempat wisata, dan tempat-tempat penting lainnya seperti rumah sakit, kantor polisi, dsb. Smart farming memungkinan petani, di kota Batu dapat berinteraksi dengan pemda dan ahli pertanian dan diharapkan pengetahuan petani meningkat. Juga membantu petani lokal memasarkan hasil panennya ke calon pembeli.

Lintasarta memiliki platform smart city yang berbasis cloud. Platform ini memungkinkan pemda membuat, mengembangkan, menguji coba, dan mengelola aplikasi tanpa perlu berinvestasi infrastruktur. Jadi tidak perlu memikirkan storage, server, operating system, dan middle ware.

Kelebihan lain platform smart city yakni semua aplikasi terintegrasi dengan baik. Dengan kata lain, aplikasi tidak berdiri sendiri2. “Implementasi solusi smart city dapat dimulai cepat hanya kurang dari seminggu, tidak perlu ber-bulan2″ katanya.

Aplikasi yang dibuat dapat direplikasi dan dibagikan ke pemda lain, sehingga tidak perlu membuat aplikasi baru untuk tiap daerah. Hal ini mendukung percepatan implementasi smart city di daerah2 di Indonesia, sehingga dari berbagai smart city jadi smart nation. (http://detik.id/64Gsdn)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close