Islam

Maut Itu Datangnya Tiba2(2/4)

Sudah Siapkah Anda Untuk Menyambutnya?

Esensi kematian itu bagian dari dimensi kegaiban, cepat atau lambat, kematian itu sesuatu yang pasti. Ia pasti datang untuk mengakhiri semua bentuk petualangan. Kematian adalah keniscayaan. Dengan kematian akan melenyapkan sebesar apapun hebatnya kekuasaan dan juga kesombongan.

 

Kedudukan manusia di sisi Allah tidak ditentukan berdasarkan kapan dan di mana ia mati, atau dikubur di tempat pemakaman mewah dan bergengsi. Tapi diukur dengan kondisi hatinya, dan apa yang dia amalkan ketika ia dapat kesempatan. Dunia tempatnya menanam. Akhirat tempat menikmati hasilnya.

 

Siapa ingin sukses akhirat, maka ia harus menyiapkan diri ketika diberi kesempatan hidup di dunia dengan banyak beramal saleh. Apapun yang kita lakukan, jadikan tiket menuju surga. Kalau sudah mati yang ada hanya penyesalan, sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi.

 

Dunia tempat berteduh dari sengatan matahari. Namanya berteduh, sifatnya sementara. Kembali ke akhirat diistilahkan pulang, artinya  perjalanan dalam waktu lama. Kesenangan duniaitu sebentar, cepat bosan dan cepat pudar. Karena itu, jangan mudah terjebak indahnya dunia yang sifatnya hanya sementara. Banyak amal laksana fatamorgana, disangka air oleh orang yang dahaga. (QS. An Nur [24]:39). Sebelum digenggam seperti emas, setelah tergenggam seperti kayu bakar.

 

Kehidupan dunia itu bagaikan air hujan yang turun dari langit, kemudian menyuburkan tumbuh-tumbuhan, lalu menjadi kering dan diterbangkan angin. (QS Al Kahfi [19]:45). Sedangkan kehidupan akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Tidak membosankan dan bersifat abadi. (QS.An Nisa [4]: 77).

 

Tempat dan waktu kematian tidak akan membawa keberuntungan. Hakikat ini harus menghiasi pikiran kita. Sebab dalam keadaan apa kita mati, dalam kondisi kita beriman atau sebaliknya, inilah yang akan menjadi penentu prestasi kehidupan kita di alam keabadian.

 

Kematian akan mencabut kebahagiaan dan membuat takut sekalipun ia orang yang tegar dan gagah perkasa. Kematian bisa membuat seluruh makhluk hidup ini menjadi gemetar.  Padahal kematian merupakan hal yang pasti, dan pada saatnya nanti kita semua akan mati. Bersambung…………

(Muchtar AF; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close