Meledakkan bisnis melalui Instagram
Kali ini dari cuplikan kompasiana.com, disajikan cara membuat bisnis kita makin meningkat, silahkan :
Pada seminar kali ini Bapak Suryadin Loaddang Dosen Jualan (Pembicara internet Marketing) memberi materi seminar tentang cara berjualan di instagram. Ada langkah2 harus dilakukan untuk menjalankan bisnis / jualan di instagram berikut ini :
a-Membuat akun instagram dengan memenuhi kebutuhan mesin.
b-Setting akun nama pengguna, nama lengkap dan bio gunakan kata kunci produk jualan anda. Dalam satu akun instagram minimal dua kata kunci yang tertanam di akun instagram itu. Pemula jangan gunakan akun nama brand, karena nama brand anda belum dikenal orang lain atau customer maka akun instragram anda dengan nama brand tidak akan muncul pada top pencarian.
Misal anda ingin berjualan “Botol Termos” maka buatlah akun instagram dengan kata kunci botol termos yang disertai dengan buying keyword, contoh : jualbotoltermos (nama pengguna tanpa spasi, selain disambung bisa juga menggunakan titik ( . ) atau underscore ( _ ) karena tanda baca ini dianggap spasi oleh instagram). Jangan gunakan nama akun dengan nama brand,
contoh : azalea_shop karena anda pemula kemungkinan customer mengenal akun anda sedikit. Saat customer ingin cari botol termos di instagram pasti ngetiknya “botol termos atau jual botol termos” tidak mungkin customer cari botol termos dengan brand atau nama toko seperti azzale_shop tadi kalau nama brand / nama toko belum terkenal.
Pada Bio taruhlah kata kunci dan informasi kontak, jika menaruh no hp pada biasakan dengan mengeja 3-4 karakter contoh : 0815 xxxx xxxx. Tetapi cara seperti itu merepotkan calon customer karena customer harus mencatat dahulu nomer itu baru save di hp, terlalu lama.
Maka gunakan link yang langsung mengarah ke WA penjual. caranya yaitu cari saja digoogle dengan kata kunci “cara membuat link untuk menghubungkan ke WhatsApp”. setelah itu taruh link WA itu pada kolom “situs web” yang ada pada setting akun.
c-Mencari followers dengan memancing followers itu kita follow lebih dulu. Cara mencari followers yang tertarget dan tersegment yaitu kita intip atau kepo.in akun jualan kompetitor setelah masuk ke akun kompetitor sedot followers milik kompetitor.
Sebelum kita sedot followers milik kompetitor cek dulu perbandingan antara followers, like dan komen, karena jika followers akun competitor ini banyak hingga puluhan ribu tapi yang like dan komen postingan dia tdk lebih dr 0,1% dari jumlah followers dipastikan akun itu menggunakan jasa beli follow.
Yang harus kita follow dari followers akun competitor itu yaitu orang yang like atau komen postingan dari kompetitor itu. Jangan follow akun kompetitor. Jadi pada intinya jumlah followers tidak menentukan seberapa besar jumlah closing yang akan kita dapatkan. Yang kita cari bukan jumlah followersnya tapi jumlah closingnya :
.
d-Akun instagram jualan jangan di privat atau di kunci. Karena jika akun instagran jualam anda di privat maka customer bisa saja pindah toko atau cari akun jualan lain yang tidak di kunci.
e-Posting foto atau video produk jualan yang akan dijual atau dipasarkan dengan menggunakan caption yang menarik dan disertai hastag atau tanda pagar. Gunakan hastag yang sesuai dengan produk, tetapi jangan menggunakan hastag lebih dari 15 hastag.
Perhatikan waktu memposting foto produk. Lihat target dulu, produk yang dijual targetnya siapa? Misal botol termos targetnya ibu2, kita lihat biasanya ibu2 main instagram jam berapa. Maka kita posting foto produk pada jam itu. Dan diusahakan konsisten tiap hari dan pada jam yang sama. Pengguna instagram dibagi jadi 2 yaitu :
1)-Instagram addict, yaitu pengguna instagram yang tiap saat buka instagram dan sudah lama menggunakan instagram, biasanya anak2 remaja jaman now. Pengguna instagram ini jika ingin beli barang secara online via instagram dia ketikkan kata kunci pada kolom search contoh : botol termos.
2)-Instagram newbie, yaitu pengguna instagram pemula yang baru tau apa itu instagram dan pengguna ini bapak2 dan ibu2. Pengguna instagram ini jika ingin beli barang secara online lewat instagram dia ketik kata kunci yang disertai embel2 dibelakang kata kunci tersebut, contoh : botol termos murah.
Demikian materi yang disampaikan Dosen Jualan pada Seminar Internet Marketing dengan tema Strategi Jitu Meledakka Penjualan Lewat Instagram di Hotel LYNN Yogya, 23/1/2018. (Dian Rizqi)
Monggo lengkapnya klik aja : (https://www.kompasiana.com/dianrizqi/5a684a2c16835f0d2e5f2543/strategi-jitu-meledakkan-penjualan-lewat-instagram)-FatchurR