Iptek dan Lingk. Hidup

Beda WA business dan WA messenger

(tekno.kompas.com)-WhatsApp resmi merilis WA business  setelah diperkenalkan dalam format beta (September 2017). Indonesia, negara Asia pertama yang menggunakan WA Business di platform Android dan 4 negara lain :Italia, Meksiko, Inggris dan AS.

 

Apa beda WA Messenger dengan WA Business? Seperti namanya, platform berdiri sendiri (standalone) ini menyasar kalangan pebisnis, dari perusahaan besar hingga UKM. WA Business memungkinkan pebisnis lebih komunikatif dengan konsumennya, seperti yang diusung aplikasi Line@. Berikut perbedaan WA Messenger dan WA Business, dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now (19/1/18).

 

1-Beda Logo

WA Business menggunakan huruf kapital “B” dengan latar warna hijau khas WA. Logo ini berbeda dengan WA Messenger yang terkenal dengan logo gambar telepon.

 

2-Dapat menggunakan dan menambah No. tlp rumah atau kantor

Beda dengan WA Messenger yang pakai ponsel, WA Business bisa menambah nomor telepon rumah / kantor meski sah menggunakan seluler.  WA sarankan tak -ganti2 nomor seluler dan menentukan satu nomor ponsel permanen. Menggunakan WA Business dan WA Messenger dalam satu perangkat yang sama bisa saja. Anda harus gunakan nomor berbeda untuk masing2 aplikasi ini.

 

3-Bisa membalas pesan sevcara otomatis

Fitur ini memungkinkan pebisnis menyetel balasan otomatis jika dapat pertanyaan yang sama dari konsumen. Pengaturan ini bisa digunakan mengirim pesan otomatis menyambut konsumen baru. Fitur ini tak ditemukan di WA Messenger yang personal.

 

4-Lihat statistic pesan terkirim dan diterima

Dengan fitur ini, pebisnis bisa lihat statistik pesan terkirm dan pesan diterima. Fitur ini tidak ada Wdi WA Messenger yang seringnya, pengguna menyembunyikan informasi jika pesan telah dibaca.

 

5-BIsa pilih Kategori bisnis

Selain menginformasikan profil perusahaan, seperti jam operasional, situs resmi, dan lokasi, pebisnis  bisa pilih kategori bisnis yang tersedia. Tidak melulu perusahaan besar, WA Business terbuka untuk UKM dan usaha kecil lain. Jika kategori bisnis tidak ada di pilihan, bisa pilih kategori “Others”.

 

6-Centang Hijau

WA Messenger tidak ada verifikasi, WA Business memverifikasi pada akun pebisnis. Beda dengan lencana centang biru pada akun terverifikasi di Instagram atau Twitter, akun yang terverifikasi oleh WA Business akan diberikan centang hijau. “Jika Anda lihat lencana hijau di sebelah nama kontak, itu WA telah memverifikasi jika nomor itu benar milik perusahaan” jelas WA di blog situs resmi perusahaan.

 

7-Mengkategorikan pesan masuk pakau Labels

Fitur ini merupakan fitur baru yang sebelumnya belum ada di versi beta. Dengan “Labels”, pebisnis bisa mengkategorikan pesan masuk tertentu sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisir.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan WhatsApp Business bisa diunduh melalui Google Pay Store. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi; Reza Wahyudi; bahan dari Google Play Store, Gadgets Now  dan : http://tekno.kompas.com/read/2018/01/19/16390027/apa-perbedaan-whatsapp-business-dan-whatsapp-messenger)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close