Kesehatan

Merokok setelah makan berbahaya?

(merdeka.com)- Setelah makan kenyang, biasanya minum air putih guna mendorong makanan agar masuk ke sistem pencernaan dan bisa dicerna dengan baik. Selain itu, perokok akan memantik rokoknya setelah makan.

 

Padahal menurut penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition mengatakan, merokok segera setelah makan bisa meningkatkan risiko kanker paru2 dan usus. Kebiasaan ini juga bisa memperlambat kerja sistem metabolisme tubuh. Tak hanya merokok, kita disarankan tidak melakukan kebiasaan berikut ini setelah makan.

 

Minum Teh

Minum teh tepat setelah makan malam bisa mengganggu penyerapan zat besi di tubuh. Ditemukan pula mengonsumsi teh selama makan akan mengurangi ketersediaan katekin di tubuh, senyawa dalam teh yang memainkan peranan penting dalam berbagai proses fisiologis tubuh.

 

Makan buah

Makan buah setelah makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan, mulas, dan bersendawa. Ada baiknya makan buah sebelum makan untuk mendapatkan manfaat sehat yang maksimal.

 

Tidur
Tidur tepat setelah makan cenderung menjadikan perut kembung, mengganggu proses pencernaan, dan menyebabkan kenaikan asam lambung.

 

Mandi

Kita perlu aliran darah lancar untuk mencerna makanan dengan tepat. Sedang mandi akan mengalihkan aliran darah ke arah kaki dan tangan. Sehingga makanan tidak bisa dicerna dengan baik. (feb; Febrianti Diah Kusumaningrum; Bahan dariĀ  : https://www.merdeka.com/sehat/kebiasaan-merokok-setelah-makan-ternyata-undang-bahaya-kesehatan.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close