Opini dan sukses bisnis

Pewarnaan Kain Batik Jepang Shibori(3/4)

Mudah2an Anda masih tertarik melanjutkan kutipan dari grietbatik.com ini tentang Batik Shibori ini :

Kanoko  Shibori

Banyak orang yang menyebut teknik satu ini tie die. Pada teknik Kanoko Shibori, Anda perlu benang untuk mengikat bagian tertentu agar menghasilkaan pola yang diinginkan.

 

Pola yang dihasilkan bergantung seberapa erat kain terkait dan dimana posisi Anda mengikatkannya.

Menggabungkan teknik ikat, lipat, dan gantung, Kanoko Shibori mampu menghasilkan pola lingkaran acak.

 

Miura Shibori
Jika Anda belum pernah melakukan teknik Shibori dan ingin mencobanya pertama kali, maka Miura Shibori adalah teknik yang tepat. Miura Shibori merupakan teknik yang paling sering digunakan karena memang sangat mudah.

 

Anda tak memerlukan simpul khusus apa pun, cukup dengan mengikat dan melonggarkan kain menggunakan tali. Hasil dari Miura Shibori akan memberikan pola yang menyerupai air.

 

Kumo Shibori
Untuk menerapkan teknik Kumo Shibori, Anda harus melipatnya kain terlebih dulu, allu mengikatnya dengan tali. Pola yang dihasilkan berbentuk jaring laba2. Karena prosesnya sedikit rumit dan butuh ketelitian tinggi, biasanya kain atau pakaian Kumo Shibori dijual dengan harga yang relatif lebih mahal.

 

Nui Shibori
Teknik Shibori satu ini berbeda. Nui Shibori menggunakan jahitan benang dilakukan seirama pada kain yang akan diwarnai. Jadi, motif yang dihasilkan akan sesuai dengan pola jahitan yang Anda bentuk.

 

Arashi Shibori
Dalam Bahasa Jepang, “arashi” berarti badai. Hal ini sesuai dengan hasil pola Arashi Shibori yang akan menyerupai derasnya hujan.

 

Untuk membuatnya, Anda butuh tiang atau pipa kecil. Bungkus tiang itu secara diagonal dengan kain yang akan diwarnai. Pastikan tiang terbungkus erat agar kain bisa menghasilkan motif “badai” cantik.

 

Itajime Shibori
Teknik Itajime Shibori menggunakan kain dijepit di antara 2 potong kayu, lalu diikatkan pada tali. Ada pula orang2 memodifikasi teknik ini menggunakan akrilik yang dipotong berbentuk C-klem. Itajime Shibori menghasilkan pola bernuansa kotak-kotak. Bersambung……….. (Grietbat; bahan dari :  (https://grietbatik.com/2017/09/12/shibori-teknik-pewarnaan-kain-yang-kerap-disebut-batik-jepang/)-FatchurR

 

Keterangan Gambar : Panitia Pameran Batik Shibori Arimbi-2018 Jakarta (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close