Iptek dan Lingk. Hidup

Siap dirakit lagi Mobil Esemka oleh Siswa SMK

(oto.detik.com)-Dua model mobil diduga mobil Esemka, muncul di FB. Pabrik mobil anak negeri itu di-gadang2 beroperasi tahun ini. Di awal perintisannya, Esemka melibatkan siswa2 SMK di Solo. Salah satunya ialah SMK Warga.

Wakasek bidang Kesiswaan, Heru Raharjo, menceritakan sekolahnya dilibatkan sejak 2008. Saat itu Presiden Joko Widodo sebagai Wali Kota Surakarta. “Kita dulu hanya merakit mobilnya. Mesinnya, kita juga pernah buat sendiri. Saya awasi proses ngecor sampai perakitan” kata Heru di kantornya (31/1/18).

 

Pihaknya mengatakan telah memproduksi 38 mobil yang dijual ke daerah2 : Solo, Pati, Wonogiri. Mobil yang diproduksi, yakni berjenis Rajawali, Rajawali 1 dan Rajawali 2. Seluruh mobil produksinya telah memiliki STNK.

Mobil2 Esemka saat ini masih ditemui, salah satunya dia gunakan se-hari2. Selain itu, mobil yang sempat digunakan Jokowi masih tersimpan. “Mobilnya Pak Jokowi ada di SMKN 2. Di sini ada mobil Pak Rudy (Wakil Wali Kota Surakarta saat itu). Kini kita jadikan monumen, sebagai bukti karya anak bangsa dimulai dari sini”.

Saat ini, pabrik mobil Esemka dibangun di Boyolali. Heru berharap siswa2 SMK kembali terlibat dalam proses produksinya nanti. “Kalau mereka menghendaki kita merakit, ya kita siap. Saya yakin kita akan tetap diikutkan, karena pemiliknya memiliki wawasan kebangsaan yang baik,” ungkap Heru.

Dua model Esemka yang akhir2 ini muncul adalah mobil berbentuk pikap dan SUV. (ddn/ddn; Bayu Ardi Isnanto; bahan dari : https://oto.detik.com/mobil/d-3843108/anak-smk-siap-merakit-lagi-mobil-esemka)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close