TELKOMGrup dan SEKAR

Taspen makin mudah bayar Dana Pensiun bersama TelkomGroup

(indotelko.com)- BOGOR ; TelkomGroup melalui anak usahanya, Telkomsigma merealisasikan digitalisasi pembayaran dana pensiun bagi PT TASPEN sesuai prinsip 5T yakni Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, Tepat Tempat dan Tepat Administrasi.

 

“Pemanfaatan teknologi melalui Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun meliputi Pengembangan Sistem New e-Dapem, dan penerapan Taspen Smartcard nasional di mitra bayar dengan menggunakan otentikasi online terpusat dan berbasis data biometrik seperti sidik jari (fingerprint), perekaman wajah (face recognition), dan perekaman suara (voice recognition).

 

Pemanfaatan teknologi ini dapat dijadikan bentuk proof of life (pembuktian penerima pensiun masih hidup) yang dapat diakses melalui aplikasi mobile, yang dapat di- install pada smartphone (otentikasi mandiri/ self authentication) penerima pensiun atau mitra bayar sehingga mempermudah proses otentikasi agar lebih cepat, dan akurat,” ujar CEO Telkomsigma Judi Achmadi di Bogor, (19/1).

 

Dirut Taspen Iqbal Latanro mengatakan dinamisnya perkembangan teknologi mendorong Taspen memanfaatkan digitalisasi dalam rangka mempermudah otentikasi peserta dan juga mempermudah kami dalam melakukan monitoring dan reporting terhadap penyelenggaraan pembayaran pensiun.

 

“Ini mempermudah proses rekonsiliasi dan pelaporan, mempercepat layanan pensiun, penyajian laporan lebih cepat dan terukur. Ini bentuk pertanggungjawaban ke pemerintah dalam mengelola Dana Pensiun ASN sehingga meminimalisir terjadinya fraud”.

 

“Tidak hanya itu, kami memberi nilai tambah melalui Taspen Smartcard yang berfungsi tidak hanya sebagai Kartu Identitas Pensiun, namun juga sebagai Kartu ATM dan Debit, dan Program Loyalty / Diskon pada merchants yang bekerja sama dengan TASPEN maupun Mitra Bayar,” jelas Iqbal.

 

Direksi dari TelkomGroup menyampaikan terkait infrastruktur yang dibangun untuk supporting digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun. Bersama TASPEN , Telkom Group sebagai penyedia jasa menyediakan infrastruktur dalam pengembangan sistem new e-Dapem dan enrollment.

 

“Berkenaan pengembangan insfrastruktur eksisting yang terintegrasi ke seluruh mitra bayar dengan satu aplikasi secara online, yang dapat diintegrasikan melalui perangkat verifikasi / otentikasi berupa device pada mitra bayar dan peserta Taspen”.

 

“Mengenai enrollment, kami siapkan infrastruktur : perangkat data perekaman, aplikasi, jaringan dan lisensi biometrik termasuk instalasi konfigurasi sampai implementasinya. Kami jadi partner andalan bagi mitra dan customer terutama berkenaan pemanfaatan IT untuk kepentingan masyarakat“,  jelas Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan.

 

Di era digital ini, sinergi BUMN antara Taspen dan Telkom serta dengan Mitra Bayar pensiun menunjukkan komitmen serta konsistensi perusahaan dalam mewujudkan layanan yang melebihi harapan peserta dan melakukan efisiensi perusahaan.

 

“Dengan launching ini Taspen bersama Telkom dan Para Mitra Bayar bersama wajib dan aktif mensosialisasikan enrollment terhadap penerima pensiun, instansi pemerintah pusat dan daerah, serta organisasi pensiunan”.

 

“Semakin aktif dan banyak peserta yang terdaftar, maka akan semakin mudah dalam monitoring dan reporting pembayaran pensiun khususnya juga peserta dapat segera menikmati kemudahan dalam melakukan self authentication melalui aplikasi smartphone-nya,” tutup Iqbal. (ad; Bahan dari  :  https://www.indotelko.com/kanal?c=bid&it=telkomgroup-taspen-pensiun)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close