Wisata dan Kuliner

Wisata saat Bulan Puasa

(bacaterus.com)- Memasuki bulan puasa, kita harus jaga kesehatan tubuh dan pikiran agar mampu berpuasa sebulan. Salah satu caranya berwisata. Tak perlu ke luar negeri, karena banyak tempat wisata dalam negeri. Berikut ini rekomendasi tujuan wisata saat bulan puasa dari Bacaterus.

 

1-Masjid dengan Arsitrektur Unik

Indonesia banyak masjid berarsitektur unik. Nah, masjid dengan bangunan yang unik ini bisa menjadi tujuan wisata saat bulan puasa. Saat ke masjid2 itu, Anda bisa menunaikan ibadah shalat sembari mengagumi arsitektur unik dari masjid itu.

 

Masjid2 unik di Indonesia antara lain adalah Masjid Menara Kudus di Kabupaten Kudus, Jateng. Masjid Menara Kudus ini memiliki arsitektur unik dengan pura bergaya Bali. Selain itu, ada pula Masjid Muhammad Cheng Ho di Surabaya yang memiliki arsitektur khas Cina.

 

2-Makam Tokoh Islam Terkenal

Berziarah ke makam tokoh Islam terkenal bisa jadi ide destinasi wisata saat bulan puasa juga. Ada tokoh2 Islam terkenal yang berpengaruh besar dalam perkembangan agama Islam di Indonesia.

 

Saat bulan suci Ramadhan, makam2 tokoh Islam itu banyak dikunjungi wisatawan setempat dan luar daerah. Beberapa tokoh Islam terkenal yang makammnya kerap kali dikunjungi saat bulan puasa adalah Wali Songo (9 Wali) dan Gus Dur yang dikenal sebagai presiden keempat Indonesia.

 

3-Perpustakaan

Di zaman modern ini, tak banyak orang ke perpustakaan di wilayah setempatnya. Pasalnya, dianggap bukunya terlalu ketinggalan zaman. Cobalah untuk berwisata ke perpusatakaan saat bulan puasa. Karena destinasi wisata yang satu ini tidak akan menguras tenaga Anda saat sedang berpuasa.

 

Tidak ada istilah “ketinggalan zaman” membaca semua jenis buku. Anda bisa mengulik tiap buku lawas untuk menambah pengetahuan. Sebagian besar perpustakaan dilengkapi dengan pendingin ruangan. Jadi, Anda nyaman ketika melakukan pariwisata ke perpustakaan di wilayah tempat tinggal Anda.

 

 

4-Museum

Tujuan wisata saat bulan puasa lainnya museum. Di tempat ini, kita bisa mengenal benda2 bersejarah. Di Indonesia banyak museum unik. Beberapa rekomendasi museum unik yang patut dikunjungi saat bulan Ramadhan adalah Musem geologi di Bandung yang memiliki fosil gajah purba.

 

Ada pula Museum Kayu Tuah Himba di Tenggarong yang memajang bangkai buaya pemakan manusia yang diawetkan serta jenis2 kayu khas Kalimantan. Di Belitung ada Museum Kata karya Andrea Hirata, penulis novel Laskar Pelangi.

 

5-Taman Kota

Mau berlibur ke luar kota, tapi budget terbatas? Mengapa tak ke taman kota. Cari taman kota dengan pepohonan rindang agar Anda bisa bersantai. Wisata di taman kota ini tak dipungut biaya. Apalagi saat berpuasa gak perlu beli minuman atau makanan, sehingga wisata kali ini hemat. Duduk di bawah pohon rindang atau di kursi taman sembari baca buku2 religi jadi wisata tepat di bulan puasa.

 

6-Pasar Malam atau Bazar

Di kota2 besar : Jakarta, Bandung, dan Surabaya, sering digelar bazaar 3 hari. Bazaar ini menjual berbagai menu makanan, pakaian, dan asesoris. Hampir tiap akhir pekan, Anda bisa temukan bazaar sejenis ini di kota2 besar. Bazaar ini jadi destinasi wisata saat bulan puasa. Kunjungi bazaar ini sore sembari menunggu waktu berbuka. Anda bisa buka puasa menyantap makanan yang dijual di bazaar.

 

7-Bioskop atau Taman Bermain

Ingin berwisata dengan sahabat atau keluarga dan dekat? Bagaimana dengan movie time di bioskop kesayangan? Lakukan movie marathon jika memiliki banyak waktu berwisata. Namun, di bulan puasa ini Anda harus lebih selektif pilih filmnya. Hindari film dewasa atau film mengandung unsur pornografi.

 

Selain ke bioskop, Anda bisa kunjungi taman bermain seperti Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, atau Trans Studio. Bila Anda berwisata ke taman bermain, usahakan pilih wahana yang tidak membuat Anda histeris, karena berteriak saat puasa bisa membuat tenggorokan jadi semakin kering.

 

8-Wisata Laut

Siapa bilang laut tidak bisa menjadi tujuan wisata saat bulan puasa? Anda dapat mengajak teman dan keluarga berwisata ke pantai. Akan tetapi, pilihlah pantai yang dekat dengan tempat tinggal Anda agar perjalanan yang ditempuh tidak terlalu jauh dan memakan banyak waktu.

 

Misalnya, bila Anda berdomisili di Jakarta, Pantai Ancol itu pantai terdekat yang menarik dikunjungi. Jika Anda tinggal di Yogya, kunjungi Pantai Parangtritis. Anda yang berdomisili di Madura, bisa mengunjungi Pantai Gili Labak yang keindahannya tidak kalah dengan Gili Trawangn, Lombok.

 

9-Wisata Pegunungan

Dinginnya udara di pegunungan tidak membuat Anda cepat haus. Karena itu, saat bulan puasa, ajak orang2 terkasih berwisata ke pegunungan. Banyak tempat wisata pegunungan dekat kota2 besar.

 

Apa yang bisa dilakukan di tempat wisata yang berada di dataran tinggi? Anda bisa mengunjungi kebun teh atau kebun buah2an. Di pegunungan Anda bisa menenangkan diri agar lebih dekat dengan alam. (Bahan dari : https://bacaterus.com/tujuan-wisata-saat-bulan-puasa/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close