Aku cinta Indonesia

Diplomasi Layang2 Jokowi dengan Narendra Modi

(cnnindonesia.com/internasional)- Jakarta, Presiden Jokowi dan PM India Narendra Modi bermain layang2 bersama di halaman Monas (30/5). Bermain layang2 dilakukan kedua kepala negara seusai rangkaian upacara dan agenda resmi kunjungan PM Modi dan delegasi di Istana Merdeka (30/5) pagi.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Presiden mengendarai sendiri mobil golf bersama PM Modi dari halaman Istana Merdeka menuju Monas. Setibanya di Monas, kedua kepala pemerintahan disambut Gubernur DKI Anies Baswedan, Menlu Retno Marsudi, serta Menpar Arief Yahya.

Jokowi dan PM Modi langsung memotong pita bersama, meresmikan pameran Indonesia-India KiteĀ  Exhibition. Jokowi dan Modi langsung meninjau pameran layangan di pelataran Monas. Beberapa layangan bergambar tokoh-tokoh dari kisah Mahabrata dan unsur-unsur khas India lainnya.

Di tengah peninjauan, Modi sempat berhenti sebentar di depan penyanyi tradisional yang menyanyikan lagu Betawi, Jali2. “Ini musik tradisional Indonesia?” tanya Modi. Dijawab senyum dan anggukan Jokowi. Setelah itu, mereka ke tengah lapangan untuk bermain layangan yang telah diterbangkan sebelumnya.

Jokowi dan Modi sempat ditawarkan sarung tangan sebelum bermain. Tetapi keduanya menolak dan bermain dengan tangan kosong. Presiden terlihat mengendalikan layangan bergambar bendera India. Dan PM Modi mengendalikan layangan putih bertuliskan 70 tahun hubungan India-Indonesia.

Mereka terlihat asik menarik ulur tali layangan beberapa menit. Setelah itu, tali layangan diberikan kepada staf dan keduanya bersalaman tangan.

Jokowi dan PM Modi menyambut MoU antara Museum Layang2 Jakarta dengan Museum Layang2 Ahmadabad. Dalam pernyataan bersama disebutkan kedua negara mengapresiasi Pameran Layang2 Bersama dengan tema ‘Ramayana’ dan ‘Mahabarata’ yang untuk pertama kalinya digelar di Monas.

Sebelum meninggalkan Monas, keduanya sempat berfoto bersama boneka maskot Asian Games 2018, Bhin Bhin, Kaka, dan Atung. (Nat; Christie Stephanie; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/internasional/20180530132038-106-302214/diplomasi-layang-layang-jokowi-dan-pm-india-narendra-modi)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close