Selingan

Varian Teh Populer dunia

(cnnindonesia.com)-JAKARTA; Teh salah satu minuman populer. Aroma teh yang nikmat telah mengisi sendi2 kehidupan orang Indonesia. Ada varian teh–di luar teh dalam kemasan–yang barangkali saja belum Anda ketahui. Berikut mengambil dari berbagai sumber.

 

1-Teh Hitam
Teh hitam memiliki rasa kuat dan pekat. Teh hitam mampu menurunkan kolesterol jahat, mengandung antioksidan, serta menyehatkan jantung dan sistem pencernaan. Ber-jenis2 teh hitam terkenal di dunia berawal dari wilayah India seperti Assam, Darjeeling, dan Nilgiri.

Selain di India, teh hitam dari China punya banyak penikmat. Teh hitam dari Keemun, Lapsang Souchong, dan Yunnan masing2 berkarakter unik dan tidak ditemukan pada teh jenis lain. Dari Keemun, teh hitam hadir dengan aroma serupa bunga anggrek. Dari Yunnan, teh hadir lebih pekan dan rasa lebih manis, seperti manis cokelat atau madu.

 

2-Teh Hijau
Seperti namanya, teh hijau mempertahankan warna aslinya meski melalui tahap2 pemrosesan pascapetik. China dan Jepang dikenal produsen teh hijau populer. Teh hijau asal China menghadirkan rasa citrus. Warnanya pun tak benar-benar hijau, lebih mirip kuning pucat.

Di Jepang, teh itu benar2 hijau. Varietas yang populer di sana adalah Gyokuro dengan kandungan klorofil tinggi. Teh hijau jadi incaran mereka yang tengah menjalani program diet. Teh hijau dinilai bisa membantu pembakaran lemak menjadi energi. Kandungan antioksidannya juga dipercaya mampu menurunkan risiko kanker.

 

3-Teh Oolong
Teh oolong, rasa dan aromanya khas. Kandungan kafeinnya lebih sedikit dari teh hitam, tapi lebih banyak dari teh hijau. Rasanya tak begitu kuat atau tak terlalu ringan. Varian2 teh oolong berasa dan aroma buah atau bunga. China dan Taiwan dua wilayah yang mengembangkan teh oolong.

Ada dua ragam teh oolong popular : Tai guan yin yang bertekstur creamy dan aroma bunga, serta dong ding berwarna hijau dengan rasa segar. Teh oolong menawarkan manfaat2 kesehatan, misal menjaga kolesterol, menstabilkan gula darah, mencegah osteoporosis, dan mengobati alergi kulit.

4-Teh putih
Teh putih kebanyakan diproduksi di China, Taiwan, India, Thailand Utara, dan Nepal Timur. Disebut itu karena warna putih keperakan dari ‘rambut’ tunas teh yang belum terbuka. Seduhan teh putih berwarna kuning pucat.

Aroma teh putih segar, seperti bunga atau bambu. Ada ber-jenis2 yang beraroma almond. Teh putih ini dengan kandungan antioksidan terbanyak atau 3x lipat daripada teh lain. Alhasil, teh putih dinilai mampu memblokir mutasi DNA pemicu kanker.

5-Teh pu-erh
Beragam pemrosesan teh ada di dunia, termasuk dengan metode fermentasi selayaknya pada teh pu-erh. Nama pu-erh sendiri diambil dari kota di Provinsi Yunnan, China. Selama proses fermentasi, daun teh terpapar mikroflora dan bakteri fermentasi layaknya pembuatan wine atau yogurt.

Proses penyimpanan dalam waktu lama ini mau tak mau membuat rasa teh berubah drastis. Namun, semakin lama teh disimpan, teh bisa semakin berharga.

Tradisi China menyebut teh pu-erh mampu mengobati gangguan pencernaan. Studi menyebut teh ini mampu menurunkan kadar kolesterol. (ptj; asr; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181018114312-267-339430/mengenal-varian-teh-populer-dunia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close