Kesehatan

5 Kesalahan Saat Sarapan Yang bikin perut buncit

(health.detik.com)-JAKARTA; Sarapan penting karena dapat memenuhi kebutuhan gizi harian hingga 30 %. Tidak heran jika jenis asupan makanan yang dikonsumsi saat sarapan jadi hal yang perlu diperhatikan.

Sarapan yang baik terdiri dari makan bersumber Karbohidrat, lauk pauk, sayuran, dan buah2an. Tapi sayangnya banyak yang tak terlalu memperhatikan. Dikutip dari NutriTious Life, detikHealth merangkum lima kesalahan yang harus dihindari saat sarapan pagi hari.

 

1-Tidak sarapan

Banyak orang lapar saat bangun di pagi hari. Tapi jika kita tipikal yang tak suka sarapan, setidaknya ambil camilan kecil, seperti segenggam kacang dan buah kering (bebas gula ya). Satu sendok almond atau selai kacang bisa dicoba. Makanan itu mengemas banyak protein dan lemak, sehingga kita terasa kenyang lebih lama dari yang kita kira.

 

2-Makan makanan manis

Hindari makan manis berlebihan saat sarapan, kita bisa ganti dengan memakan sereal dan yogurt pada pagi hari. Selain membuat gula darah tidak stabil, ini cenderung naik ke batas maksimal, makan2an atau minuman manis menghalangi penurunan berat badan. Karena memunculkan timbunan lemak dan membuat tubuh jadi gemuk dan tidak sehat.

 

3-Kelebihan Karbohidrat

Saat kita sarapan, hindari mengonsumsi karbohidrat berlehihan. Karbohidrat itu gizi penyumbang kalori yang besar. Kebanyakan orang mengganggap belum makan jika gak ada nasi di dalam priringnya. Meski makan roti atau mie sebelumnya, kalau belum bertemu nasi merasa ada yang kurang.

 

Dalam satu gram karbohidrat, terdapat 4 kalori. Jadi, semakin banyak kamu mengonsumsi yang ada kamu memakan banyak kalori yang masuk dan akan membuat berat badan kamu meningkat.

 

4-Berlebihan makan Telur

Sarapan pagi dengan mengonsumsi telur bisa menjadi pilihan sebagian orang. Manfaat memakan telur juga diketahui membuat perut kenyang lebih lama. Sebutir telur memiliki sekitar 70 kalori dan mengandung sekitar 6 gram protein, 5 gram lemak dan 186 miligram kolestrol. Hindari mengonsumsi telur yang berlebihan di pagi hari, karena akan menimbulkan kalori yang berlebih.

 

5-Sedikit Minum Air Putih

Saat sarapan pasti ngantuk, dan hal itu membuat kita meminum kopi di pagi hari. Tetapi juga penting untuk kita memberikan cairan berharga di dalam tubuh, setelah malam yang panjang.

 

Salah satu hal yang harus dilakukan saat pagi hari adalah minum segelas air putih, agar tubuh tetap terhidrasi. (up/up; Ayunda Septiani; Bahan dari : https://health.detik.com/diet/d-4370483/5-kesalahan-saat-sarapan-yang-bikin-perut-makin-buncit)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close