Islam

Makna Surga Di Bawah Telapak Kaki Ibu

(muslim.okezone.com)- Selama ini kita familiar pada istilah ‘Surga di bawah telapak kaki ibu’. Ungkapan ini seperti kalimat turun temurun yang tak pernah luntur.

 

Tidak ada yang bisa memastikan asal ungkapan ‘Surga di bawah telapak kaki ibu’ itu. Namun, pernyataan itu seperti diamini semua orang dan akan dikaitan dengan bakti anak dan pengorbanan orangtua.

 

Tapi, apakah Anda tahu kalau Islam mengamini istilah itu. Kedudukan ibu tinggi di Islam dan ada kaitannya dengan pernyataan ini. Hal itu bisa juga dilihat dari hadist : Dari Abu Hurairah ra, beliau berkata,

 

“Seseorang datang ke Rasul SAW dan berkata, ‘Wahai Rasul, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu!’ Dan dia kembali bertanya, ‘Lanjut siapa lagi?’ Jawab Nabi SAW, ‘Ibumu!’ Orang itu tanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau jawab, ‘Ibumu.’ Orang itu tanya lagi, ‘Kemudian siapa lagi’ Nabi SAW menjawab, ‘Ayahmu’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548).

 

Ustadz Mahfud Said menjelaskan  kalimat ‘Surga di bawah telapak kaki ibu’ ini. Menurutnya, ibu kenapa jadi tolok ukur surga, itu karena wasilah kita bisa tercipta ke dunia melalui seorang ibu.

 

“Selama 9 bulan kita digendong di rahim, hingga kesulitan demi kesulitan selalu menyertai ibu. Dengan semangat dan ikhlas, ibu menghadapi dan berharap bisa terlahir anak hebat,” ungkap Ustadz Mahfud pada Okezone melalui WA singkat, (22/12/29). Pengorbanan ibu saat mengandung dan setelah melahirkan, membesarkan anak. Tidak ada keluhan dari ibu.

 

Semua ibu lakukan demi anaknya. Untuk tidur pun ibu mesti sabar dan mengorbankan hidupnya demi anak. “Maka, mustahil seorang anak bisa membalas penderitaan seorang ibu. Perjuangan orangtua dalam membesarkan anaknya tidak akan bisa terbalas dengan hal apa pun,” sambungnya.

 

Oleh karena itu, terang Ustadz Mahfud, Islam memandang ibu adalah sosok yang harus dihormati.

“Kami perintahkan pada manusia (berbuat baik) ke 2 orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Lukman: 14).

 

(DRM; Muhammad Sukardi; Bahan  dari : https://muslim.okezone.com/read/2019/12/21/614/2144579/ini-makna-surga-di-bawah-telapak-kaki-ibu)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close