Kesehatan

Kenapa Pengidap Kanker Tubuhnya Jadi Kkurus

(health.detik.com)-JAKARTA; Selebriti Agung Hercules mengidap kanker otak stadium-4. Warganet kaget dengan perubahan tubuh Agung yang lebih kurus. Tak hanya pada pelantun lagu ‘Astuti’ itu, perubahan kondisi tubuh seperti ini sering kita lihat pada pengidap kanker lainnya.

 

Kebanyakan pengidap kanker mengalami perubahan berat badan, pengurangan massa otot dan kelelahan ekstrem pada satu titik selama pengobatan. Situs Cancer Care mengatakan untuk melawan kanker, tubuh memproduksi senyawa yang disebut sitokin.

 

Senyawa ini menyebabkan penurunan berat badan, otot dan nafsu makan. Penyebab kurusnya tubuh lain adalah pengobatan kanker. Radiasi dan kemoterapi kerap menyebabkan penurunan nafsu makan, serta muncul efek samping : Mual, muntah, dan sariawan yang berujung menurunkan bobot dan massa otot.

 

“Kelelahan juga dapat jadi faktor, karena berkurangnya olahraga dan aktivitas fisik lain yang terjadi saat kita merasa tidak enak badan bisa menyebabkan penurunan massa otot,” tulis situs itu dikutip detikHealth Kamis (20/6/2019).

Untuk menangani hal ini agar tidak memperburuk kesehatan, biasanya pasien akan disarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

 

1-Makan makanan yang seimbang

Pastikan makanan yang diasup kaya nutrisi dan termasuk protein untuk melindung massa otot tubuh yang hilang selama kemoterappi. Misalnya daging merah, daging ayam, tahu dan tempe adalah sumber protein terbaik, ditambah juga produk susu seperti yogurt.

 

2-Tingkatkan jumlah asupan kalori

Pilihlah makanan bernutrisi yang bisa kamu makan dan kamu sukai, lalu tingkatkan jumlah kalorinya. Jika kamu kesulitan menaikkan nafsu makan, cobalah makan dengan porsi sedikit namun lebih sering. Misalnya smoothies, atau puree (bubur halus) yang lebih mudah untuk dicerna.

 

3-Perbanyak minum

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari merupakan poin penting, baik pada pengidap kanker maupun orang sehat.

 

4-Santai saja

Jika kita merasa lemas-lelah, mulai dengan 3 atau 4 menit jalan sesekali. Atau kita bisa juga mencoba olahraga saat duduk di kursi dengan menaik-turunkan kedua lengan lalu ke depan dan belakang untuk menjaga kelenturan.

 

Menggenggam dan mengangkat lengan naik dan turun di depanmu juga bisa meningkatkan kekuatan. (frp/up; Frieda Isyana Putri; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4593801/mengapa-pengidap-kanker-tubuhnya-menjadi-kurus)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close