Kesehatan

Stres Dan Terpikir Ingin Bunuh Diri Dan Mengatasinya

(health.detik.com)-JAKARTA; Tentang Salmafina Sunan yang ingin bunuh diri mencuat. Pemicu keinginannya itu tidak lain karena banyak dorongan yang membuat dirinya stress

Tidak hanya Salmafina yang stres lalu muncul keinginan bunuh diri, banyak orang lain merasakan hal serupa. Stres itu gangguan mental yang dihadapi seseorang karena adanya tekanan. Agar tidak muncul keinginan bunuh diri, seseorang yang mengalami stres sebaiknya melakukan beberapa hal positif seperti berikut, dikutip dari WebMD.

 

1-Olah Raga

Olahraga teratur itu hal terbaik untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Olahraga juga bisa meningkatkan mood seseorang. Setidaknya saat mengalami stres, berolahraga lah selama 2,5 jam dengan intensitas sedang. Misalnya kamu bisa memulai dengan berjalan cepat, jogging, atau berenang.

 

2-Latihan Pernafasan

Jika tekanan bertubi-tubi menerpa, berhentilah sejenak dan tarik napas dalam2 untuk mengeluarkan tekanan dari tubuh. Duduk dengan posisi sila, tutup matamu, bayangkan kita berada di tempat tenang dan nyaman seperti di pantai, taman bunga, atau tempat manapun yang membuat ketenangan diri. Tarik napas dalam dan buang perlahan. Lakukan selama 5-10 menit.

 

3-Makan yang benar

Makan yang benar berarti makan seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Menerapkan gaya makan seperti itu bisa membuat mood lebih baik. Makanan yang dipenuhi sayuran, buah, gandum utuh, dan protein baik untuk tubuhmu dan menurunkan kadar stres.

 

4-Lakukan hobi

Perlu memiliki waktu menikmati hidup. Lakukan sesuatu yang membuatmu merasa lebih baik setiap hari. Pilih hobimu yang bisa dilakukan setiap hari paling tidak selama 15-20 menit, seperti membaca, melukis, menonton film, berolahraga, atau apapun hobi kita.

5-Bicaralah

Jangan kamu simpan sendiri tekanan dan keluh kesahmu. Dengan menceritakan masalah kepada orang lain, seperti teman dekat, keluarga, atau terapis bisa menurunkan tingkat stres yang dialami.

Bicaralah juga dengan dirimu sendiri mengenai segala hal yang positif tentang dirimu. Itu juga bisa membantumu menghilangkan stres. Katakan pada dirimu sendiri ‘aku bisa melakukannya’.

 

(kna/up; Widiya Wiyanti; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4631643/stres-hingga-terpikir-ingin-bunuh-diri-coba-atasi-dengan-5-cara-ini)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close