TELKOMGrup dan SEKAR

Solusi IoT Telkomsel Hadir Di KAI

(teknologi.bisnis.com)-JAKARTA; Telkomsel bekerja sama dengan PT KAI perihal pemanfaatan solusi Internet of Things (IoT) Genset Reliability and Availability Monitoring System (GRAMS).

GRAMS, salah satu solusi IoT Intelligent Tank Monitoring System (INTANK) milik Telkomsel, berfungsi memantau kondisi genset di KA pembangkit real time, sehingga KAI dapat mencegah dan merawat genset secara tepat. Di samping itu, GRAMS juga memantau efisiensi kelistrikan, kondisi mesin seperti suhu, tekanan oli, rpm, status dan masa operasi mesin, kondisi baterai, hingga lokasi.

SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan implementasi ini merupakan bentuk komitmen Telkomsel dalam mendukung visi Making Indonesia 4.0 yang mampu mendorong realisasi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia.

“Telkomsel mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh PT KAI dalam pemanfaatan solusi  inovatif bisnis korporasi berbasis Internet of Things dari Telkomsel,” paparnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (29/9/2019).

Dharma menambahkan seakan mendorong efisiensi pada operasional PT KAI, INTANK juga dapat menghadirkan rasa aman dengan adanya sistem diagnosis untuk membantu meminimalisir biaya tidak terduga.  “Keamanan jadi salah satu faktor penting dalam penerapan teknologi IoT,” ujarnya.

Sementara itu, Corporate Deputy Director of Rollingstock PT KAI Denny Haryanto menuturkan kerja sama ini juga bertujuan meningkatkan pelayanan yang prima bagi seluruh pengguna jasa kereta api, sekaligus menjadi salah satu upaya dalam program Digitalisasi di Bidang Sarana (Rollingstock).

Dia harap ke depannya, semua jenis sarana PT KAI dapat menggunakan solusi IoT milik Telkomsel untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan operasional kereta. “Telkomsel dapat menjawab kebutuhan kami, dengan kerja sama  ini diharap dapat diterapkan di semua jenis Sarana (Rollingstock),” ucapnya.

 

(Leo Dwi Jatmiko; Editor : Annisa Margrit; Bahan dari  : https://teknologi.bisnis.com/read/20190929/101/1153352/solusi-iot-telkomsel-hadir-di-pt-kai )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close