Islam

BI Bagikan 1000 Kotak Amal Ber QR Code Ke Tempat Ibadah

(cnnindonesia.com)-Jakarta, Bank Indonesia membagikan kotak amal ber-QR Code pada seribu rumah ibadah di Jatim di acara Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Indonesia 2019 di Surabaya (9/11).

Kepala Perwakilan BI Jatim Difi Ahmad Johansyah mengatakan teknologi QR Code mempermudah masyarakat beramal dan mendorong ekonomi syariah di Indonesia. “Ini lanjutan dari perencanaan jangka panjang. Kita sudah lama ingin menggerakkan elektronifikasi rumah ibadah karena itu memudahkan cash management,” katanya.

 

Rumah ibadah yang mendapat kotak amal ber-QR Code terdiri atas 920 masjid, 74 gereja, empat pura, satu vihara, dan satu klenteng. Namun ia mengatakan semua rumah ibadah bisa mengikuti langkah ini dengan datang ke BI atau perbankan. “Ini akan diperluas sehingga nanti ke depan kita bisa memperluas basis dari orang yang mau beramal,” ujarnya.

Ia menyebut teknologi QR Code ini bisa meningkatkan transparansi manajemen dan akuntabilitas pengelolaan pendapatan serta pengeluaran para pengelola rumah ibadah. Hal ini karena dananya langsung masuk ke rekening tempat ibadah. Difi berharap gerakan yang dimulai dari Jawa Timur ini bisa diikuti oleh seluruh wilayah di Indonesia.

“Harapan saya nantinya juga ada publikasi rumah ibadah seperti brosur yang serta dicantumkan QR Code sehingga orang kalau mau menyumbang tidak perlu datang karena bisa dilakukan di mana pun,” ujarnya.

Ada 14 bank turut terlibat program ini yaitu BCA, BNI, Mandiri, BRI, BTN, BPD Jatim, Mandiri Syariah, BRI Syariah, CIMB Niaga, Sinarmas, Maybank, Bank Bukopin, BPD Jatim Syariah, dan BNI Syariah.

 

Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia juga mengatakan Jatim selalu siap menjadi wilayah percontohan dan uji coba terkait berbagai inovasi keuangan.

Manajer MURI Ridha Al-Amin menuturkan melalui gerakan elektronifikasi atau pemasangan QRIS di seribu rumah ibadah ini BI dan perbankan di Jawa Timur mendapat penghargaan MURI. “Kami berikan MURI bahkan ini bukan hanya rekor Indonesia tapi masuk dalam rekor dunia” ujar Ridha.

 

(vws; Bahan  dari :  ANTARA dan https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20191109145959-78-446908/bi-bagikan-1000-kotak-amal-ber-qr-code-ke-rumah-ibadah)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close