RSS Feed     Twitter     Facebook

P2Tel Bandung Selatan Bersenam Reboan 06-11-19 Dan Lansia Bergerak

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 34 views    Font size:

Hari itu Rabu tanggal Nopember 2019 bertempat di Lapangan Bandung Lautan Api Tegallega sebagaimana biasanya Reboan, kali ini Senam dimulai pukul 07.00 s/d pukul 08.00. tidak diadakan Senam Ling Tien Kung.

 

Jika senam itu (Ling Tien Kung) biasanya dilaksanakan ditempat yang sama mulai pukul 06.00, maka mulai hari itu bapak H. Susanto Harjono (Instruktur) memindahkan lokasi senamnya ke sekitar Kolam Renang masih tetap dilakukan di Lapangan BLA tegallega, dimulai pukul 06.30; Yang menggembirakan pesertanya naik signifikan dengan perubahan tersebut.

 

Kembali ke acara semula, Senam rutin ini lebih dulu pak H. Agus Suryana memimpin Do’a memohon kepada Allah Yang Maha Kuasa Untuk keselamatan semua peserta sebelum dimulai pelaksanaan Senam.

 

Selanjutnya Senam dipandu oleh Bu. Hj.Lili, Pak H. Tatang dan PakH.  Agus. Senam tersebut meliputi : Refleksi, Senam persendian, dilanjutkan dengan Senam Taichi dan Senam Pernapasan. Selanjutnya  dengan Senam gembira : Maumere.

 

Sudah merupakan tradisi baru di Grup Senam BLA ini setelah selesai senam, peserta saling memijit pundak, memukul kecil2 sekitar punggung dan mengusap2. Setelahnya disampaikan informasi2 penting yg perlu duketahui anggota.

 

Untuk diketahui bahwa peserta Senam BLA ini banyak diikuti peserta Lansia, seperti tampak pada gambar (1); Sebagian dari mereka dari kiri ke kanan berumur : 73 th; 70 th, 90 th, 73 th, 86 th, 72 th dan 67 tahun. Maka bonus artikel dibawah ini kami sajikan “ Olah Raga untuk Lansia dari sumber berikut ini :

 

(medi-call.id)-Pentingnya menjaga Pola hidup sehat dengan Olah Raga untuk Lansia demi menjaga kebugaran tubuh.

 

Menua bukan berarti tidak bisa atau justru menghindari aktivitas fisik, namun orang tua tetap bisa  melakukan olahraga yang disesuaikan dengan usia, jenis kelamin dan riwayat penyakit yang dimiliki.

 

Manfaat Olah Raga untuk Lansia

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia baik untuk usia muda dan tua. Menua atau menjadi tua merupakan pengunduran dalam hal ukuran dan fungsi, hal ini akan dialami setiap orang. Bagi lansia, kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

 

Banyak olahraga untuk lansia yang dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok.

Banyaknya perubahan tubuh yang terjadi pada saat lanjut usia membatasi para lansia untuk melakukan beragam macam olahraga.

 

Perubahan tubuh yang umumnya terjadi pada usia lanjut adalah perubahan komposisi tubuh, otot, tulang dan sendi serta penurunan fungsi kecerdasan organ tubuh lain.

 

Hal ini menimbulkan masalah kesehatan bagi Lansia, termasuk keterbatasan dalam bergerak atau berolahraga. Meskipun begitu perlu diketahui manfaat olahraga untuk lansia, antara lain :

 

1-Meningkatkan kekuatan otot jantung;

2-Menjaga kesehatan tubuh;

3-Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh;

4-Menjaga sistem kekebalan tubuh;

5-Mengurangi tingkat Stres

 

Jenis Olah Raga  untuk Lansia

Saat memasuki usia lanjut, hanya ada beberapa pilihan jenis olahraga untuk lansia yang dapat dilakukan.

Jenis olahraga untuk lansia harus disesuaikan dengan usia, jenis kelamin dan riwayat penyakit lansia.

 

Meskipun begitu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk jenis olahraga yang dapat dilakukan para lansia. Para lansia dapat berolahraga secara individu maupun berkelompok.

 

Catatan Dalam senam binaan Yayasan Kesehatan Telkom, umumnya dilakukan sebulan 1x pengukuran Kesehatan : Tinggi, berat badan, Lingkar Pinggang dan Tensi dan pencerahan tentang Kesehatan (Health Talk) oleh Dokter atau Kader Bina Sehat yang ditunjuk Yakes Telkom.

 

Beberapa olahraga yang dianjurkan untuk lansia, antara lain :

a-Berjalan Kaki

 

Jalan kaki merupakan aktivitas fisik yang aman dilakukan oleh segala rentang usia baik anak-anak hingga dewasa tidak terkecuali orang tua.

 

Berjalan kaki menjadi olahraga untuk lansia yang dapat dilakukan dengan teratur sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Banyak manfaat dari berjalan kaki, yaitu menjaga kesehatan tulang, jantung, paru dan otot.

 

b-Senam

Senam merupakan salah satu pilihan olahraga untuk lansia yang dapat dilakukan oleh secara berkelompok. Olahraga ini dapat mengurangi stress pada lansia, karena menggunakan musik saat melakukannya.

 

c-Berenang

Meskipun tidak semua lansia mampu berenang, namun berenang merupakan salah satu olahraga untuk lansia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

 

Berenang mampu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Selain itu dengan berenang membuat lansia dapat bergerak bebas.

 

Namun sebaiknya konsultasikan kegiatan olahraga ini kepada dokter agar tidak terjadi saat masalah saat melakukannya.

 

d-Aktivitas di rumah

Aktivitas rumah merupakan olahraga paling mudah dan efektif yang dapat dilakukan para lansia. Tanpa harus keluar rumah dan mengeluarkan biaya tambahan, aktivitas fisik di rumah seperti menyapu, mengepel hingga berkebun dapat dilakukan di rumah dan tetap menghasilkan keringat.

 

Bahkan beberapa lansia sangat senang dengan aktivitas fisik di rumah. Setiap olahraga yang dilakukan oleh lansia, sebaiknya telah disetujui atau dianjurkan oleh dokter Anda.

 

Hal ini dikarenakan lansia mengalami penurunan fungsi tubuh saat bertambahnya usia. Bahkan beberapa lansia juga mengidap penyakit tertentu yang tetap harus diwaspadai.

 

Namun tetap harus diingat bahwa olahraga merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain melakukan olahraga untuk lansia, perlu juga diimbangi dengan pola makan sehat dan istirahat yang cukup.

 

(Kiriman data dan Foto : H. Djuhana; Medicall Writer; Bahan dari : https://medi-call.id/blog/olahraga-untuk-lansia/)-Editor : FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code