YAKESTEL DAN OLAH RAGA

P2Tel Ujungberung Melaksanakan Fun Walk TW-IV/2019 Dan Manfaat Jalan Kaki

Klub Klub Senam Binaan Yakes Telkom Jabar dan juga di Indonesia kesempatan melaksanakan kegiatan Fun Walk. Demikian juga dengan Klub Senam P2Tel Cabang Bandung Ujungberung melaksanakan program ini untuk periode Triwulan IV/2019 pada tanggal : 13 Nopember 2019

 

Kegiatan ini diikuti 89 orang. Diawali dengan pengukuran Kesehatan oleh Kader Bina Sehat Ujungberung, dilanjutkan dengan senam pemanasan. Kegiatan Fyn Walk dilakukan dengan jalan kaki sejauh kira kira 4 Km,berlokasi di Ujungberung Indah,

 

Tidak kalah menariknya acara ini  diakhiri dengan makan lontong kare. Dan masih disambung dengan latihan kasidah group p2tel cabang Ujungberung. Tahukah Anda apa Manfaat Olahraga Jalan Kaki? Silahkan ikuti sajian ini dari suatu sumber berikut :

 

(lifestyle.kompas.com)- Seperti pepatah tentang apel : Jalan kaki 30 menit sehari dapat menjauhkan kita dari dokter. Manfaat kegiatan fisik yang tak terlalu berat ini banyak, mulai membantu menurunkan berat badan dan mengurangi stres, hingga menurunkan tekanan darah.

 

Menurut dr Melina B. Jampolis, penulis buku The Doctor on Demand Diet, jalan kaki 30 menit sehari secara teratur itu salah satu hal terbaik dan mudah yang bisa kita lakukan untuk kesehatan tubuh. “Berjalan adalah OR no. 1 yang saya sarankan untuk sebagian besar pasien saya karena itu termudah dilakukan. Tidak memerlukan apapun kecuali sepasang sepatu tenis,” katanya.

 

Simak manfaat hebat dari rutinitas jalan kaki tiap hari, minimal 30 menit.

Memperbaiki mood

Sebagian orang butuh sebatang coklat atau semangkuk mi kuah untuk memperbaiki hari yang buruk. Berjalan kaki itu alternatif yang lebih sehat karena efeknya sama tapi kalori yang masuk nol.

 

Jampolis mengatakan, penelitian menunjukkan jalan kaki memodifikasi sistem saraf sehingga bisa menurunkan emosi kemarahan dan permusuhan. Apalagi, jika kita berjalan dengan pasangan, tetangga, atau sahabat, interaksi sosial bisa membantu hubungan semakin erat dan meningkatkan suasana hati.

 

Meningkatkan Kreativitas

Menurut studi tahun 2004 di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition, berjalan bisa meningkatkan keativitas. Para peneliti melakukan tes berpikir kepada dua subjek: orang yang sambil duduk dan orang yang sambil berjalan. Hasilnya para pejalan kaki lebih kreatif.

 

Membakar kalori

Ini manfaat yang mebahagiakan bagi orang-orang yang biasa berjalan kaki teratur tiap hari. Jalan kaki juga bisa membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin yang dapat membantu mengurangi lemak pada perut.

 

Ariel Lasevoli, pelatih pribadi di pusat kebugaran Crunch di New York City, menjelaskan berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan metabolisme dengan membakar kalori ekstra dan mencegah keram otot seiring bertambahnya usia.

 

Mengurangi risiko penyakit kronis

Berjalan kaki bisa menurunkan kadar gula dan resiko diabetes secara keseluruhan. Studi tahun 2002 di The New England Journal of Medicine menemukan orang yang berjalan kaki 30 menit selama 5 hari atau lebih dalam seminggu, memiliki resiko penyakit kardiovaskular 30% lebih rendah dibanding mereka yang tidak berjalan kaki secara teratur.

 

Menjaga kaki tetap kuat

Seiring bertambahnya usia, risiko varises akan meningkat. Berjalan terbukti efektif mencegahnya. Luis Navarro, MD, pendiri The Vein Treatment Center di New York mengatakan, sistem vena itu bagian sirkulasi yang dikenal sebagai jantung kedua, dibentuk oleh otot, vena, dan katup di betis dan kaki. Sistem ini berfungsi mendorong darah kembali ke jantung dan paru-paru.

 

“Berjalan kaki rutin itu menguatkan sistem peredaran darah sekunder dengan memperkuat dan menjaga otot kaki yang meningkatkan aliran darah yang sehat,” katanya.

 

Memperbaiki pencernaan

Mulailah jalan kaki tiap pagi sebagai pengganti kopi untuk melancarkan pencernaan. “Melakukan rutinitas jalan kaki bisa meningkatkan pergerakan usus,” kata Tara Alaichamy, DPT, ahli terapi fisik.

 

Tujuan lain akan lebih tercapai

Ketika kita disiplin ber-OR jalan kaki 30 menit setiap hari, kita akan memiliki rutinitas yang teratur. Dengan kata lain, gaya hidup kamu juga lebih sehat.

 

Bisa melindungi sendi

Berjalan kaki membantu meningkatkan rentang gerak dan mobilitas, karena jalan meningkatkan aliran darah ke area yang tegang dan membantu memperkuat otot disekitar persendian. Faktanya, penelitian menunjukkan jalan setidaknya 10 menit sehari atau satu jam tiap minggu bisa mencegah kecacatan dan nyeri radang sendi pada orang tua.

 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Penelitian dari Arthritis Research & Therapy menunjukkan latihan interval berjalan intensitas tinggi dapat meningkatkan fungsi kekebalan pada orang tua dengan rheumatoid arthritis, penyakit radang yang mempengaruhi sendi.

 

Studi terbaru menunjukkan berjalan dapat membantu pasien penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) mengurangi keparahan penyakit dan risiko kematian. Pasien dengan PPOK cenderung kelebihan berat badan karena mereka tidak dapat ber-OR untuk jangka waktu lama dan mungkin sulit bernapas.

 

Berjalan dapat membantu memperbaiki gejala dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan sindrom metabolisme.

 

Panjang umur

Rahasia hidup lama dan lebih sehat itu dengan jalan dan keluar ruangan. Tetap aktif fisik membantu kita terhubung dengan sahabat yang dapat mendukung emosional, yang penting seiring bertambahnya usia. Tidur nyenyak malam hari Jika kita ber-OR teratur, kita akan tidur lebih nyenyak di malam hari. Karena tidur secara alami meningkatkan efek melatonin, hormon tidur.

 

(Data dan foto kiriman Karno; Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “10 Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari”, Rahayu Kurnia Kinasih; Editor : Lusia Kus Anna;  Bahan dari : https://lifestyle.kompas.com/read/2019/06/27/080000920/10-manfaat-jalan-kaki-30-menit-setiap-hari?page=all)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close