Selingan

Cerita 3 Presiden AS Dimakzulkan Dan Kasus Yang Menjeratnya(1/3)

 (merdeka.com)- Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump menjalani proses pemakzulan. Trump dimakzulkan DPR AS, kemudian berlanjut ke persidangan di Senat. Sidang ini akan memutuskan apakah Trump akan tetap menjabat atau lengser.

 

Tak hanya Donald Trump, dua mantan Presiden AS lainnya pernah menjalani proses pemakzulan. Mereka sempat tersangkut dugaan kasus hingga dimakzulkan. Berikut penjelasannya:

 

1-Pemakzulan Andrew Johnson

Presiden AS ke-17, Andrew Johnson menjadi Presiden AS pertama yang mengalami pemakzulan. Johnson dituduh melakukan kejahatan dan tindak kriminal. Kasus pertama pada tahun 1868, saat itu Presiden Andrew Johnson memecat Menteri Pertahanan Edwin Stanton tanpa persetujuan Senat.

 

Kemudian Johnson menunjuk Mayor Jenderal Lorenzo Thomas sebagai Menteri Pertahanan AS yang baru, tentu tanpa persetujuan senat pula.

 

Tak hanya itu saja, Johnson juga dituduh merampas hingga memiliki aset Departemen Pertahanan yang melanggar Tenure of Office Act. Diduga penunjukan Thomas agar Johnson bisa mengatur dana yang masuk ke sektor militer dan Departemen Pertahanan AS.

 

Mengetahui banyak tindakan kesewenang-wenangan Johnson, DPR mengeluarkan resolusi pemakzulan dan menindaklanjutinya dengan menerbitkan 11 pasal yang merinci tuduhan terhadap presiden.

 

Persidangan Senat dibuka pada 5 Maret, dengan Ketua MA, Salmon P Chase yang memimpin. Itu berlangsung 3 minggu. Johnson tidak pernah muncul dalam persidangan di Senat. Akhirnya, pengadilan Senat hampir saja memvonisnya atas tiga dakwaan, tetapi dalam setiap kasus, voting penghukuman selalu gagal mencapai suara mayoritas dua pertiga dengan selisih satu suara saja.

 

Reses selama 10 hari dipanggil sebelum Senat kembali mencoba menghukumnya dengan pasal tambahan. Penundaan itu tidak mengubah hasilnya. Pada 26 Mei, Senat gagal menjatuhkan vonis pemakzulan kepada presiden, dan setelah itu, persidangan ditunda.

 

(dan; Fellyanda Susi Agiesta; Bahan dari : https://www.merdeka.com/dunia/cerita-lengkap-3-presiden-as-dimakzulkan-beserta-kasus-yang-menjeratnya.html)-FatchurR * Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close