Kesehatan

Aktivitas Fisik Agar Lansia Sehat

(hellosehat.com)-Halo sahabat pensiunan yang Lansia. Sudahkan Anda terus bergerak rutin?

Jadi lansia sehat dan terbebas dari penyakit kronis tidak harus dengan usaha muluk-muluk. Anda bisa memulainya dengan rajin beres-beres rumah tiap hari.

 

Faktanya, penelitian membuktikan melakukan pekerjaan rumah sederhana seperti memasak, cuci piring, berkebun, dan berbelanja, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup lansia di usia senja. Apalagi jika ditambah dengan ikutan Senam yang dibina Yakes Telkom

 

Lansia sehat itu yang rajin beres beres rumah

Lansia sehat iitu mereka yang lebih telaten membersihkan rumah, begitu ungkap penelitian dari Clinical Gerontology Branch di National Institute on Aging, Maryland, AS. Penelitian ini dikepalai oleh Chhanda Dutta, PhD.

 

Penelitian ini menyebutkan beres-beres rumah itu aktivitas fisik sederhana yang baik untuk Lansia. Beraktivitas fisik rutin mampu mencegah bermacam penyakit dan penurunan fungsi tubuh yang sering mengintai lansia.

 

Aktivitas fisik membantu Anda lebih kuat, mencegah keropos tulang, memperbaiki keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan mood, meningkatkan daya ingat, tidur lebih nyenyak, dan mengurangi gejala akibat penyakit kronis. Yang mengidap penyakit seperti Diabetes atau Stroke  bisa mencegah kondisi kesehatan terus merosot dengan beraktivitas fisik.

 

Temuan penelitian ini didukung studi dari Jerman yang diterbitkan dalam jurnal BMC public Health Tim peneliti menyatakan orang usia (65) ke atas memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi jika lebih rajin melakukan pekerjaan rumah.

 

Peneliti melaporkan lansia yang menghabiskan waktu 3-6 jam melakukan pekerjaan rumah tangga tiap hari 25% dilaporkan kesehatannya lebih baik dibanding mereka yang hanya menghabiskan 1-2 jam mengerjakan pekerjaan rumah setiap harinya.

 

Menariknya, manfaat beres-beres rumah menjamin lansia sehat selalu dilaporkan lebih tinggi pada lansia lelaki. Padahal, pekerjaan rumah diidentikan tugas wanita. Kesimpulan ini setelah mengamati kebiasaan harian lebih dari 15 ribu pria dan 20 ribu wanita Lansia di lebih 7 negara, termasuk Italia, Jerman, Inggris, dan AS.

 

Peneliti justru menemukan beres-beres rumah kurang dari tiga jam sehari justru menurunkan kondisi kesehatan lansia, terutama pria yang lebih jarang melakukannya ketimbang wanita.

 

Pembagian kerja beres beres rumah tetap harus dibagi rata

Hasil penelitian, pria lansia umumnya menghabiskan waktu sekitar 3 jam/hari untuk beres-beres rumah, dan lansia wanita bisa menghabiskan hampir 5 jam/hari.

 

Jenis pekerjaan rumah lebih berat dilakukan wanita (ngepel, cuci piring dan cuci baju, memasak, dan berbelanja) daripada pria yang bersifat perawatan dan perbaikan seperti memperbaiki keran yang bocor.

 

Terlalu banyak mengerjakan pekerjaan rumah juga tidak baik untuk kesehatan, terutama wanita Lansia. Kesehatannya cenderung memburuk karena mengerjakan pekerjaan rumah lebih dari 3 jam setiap hari. Akhirnya, kebiasaan ini berdampak durasi dan kualitas tidur wanita lansia.

 

Wanita yang menghabiskan berjam-jam mengerjakan pekerjaan rumah juga biasa mengalami Stres berlebih. Karena itu, untuk menjaga kedua lansia sehat selalu dalam berumah tangga maka diperlukan keseimbangan dalam pendistribusian tugas rumah tangga di antara pasangan Lansia.

 

(Widya Citra Andini;  diedit oleh: dr. Damar Upahita-Dokter Umum; Bahan dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-lansia/aktivitas-fisik-untuk-lansia-sehat/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close