Selingan

10 Kuil Hindu Terindah Di Muka Bumi(1/3)

(liputan6.com)-JAKARTA; Nyepi salah satu hari raya besar umat Hindu. Di Indonesia, sebelum hari raya Nyepi biasanya umat Hindu pergi ke pura, candi, maupun kuil untuk bersyukur atas setahun belakang yang telah lewat.

 

Saat ini, tak hanya di Indonesia, arsitektur pura maupun kuil Hindu telah berkembang sedemikian rupa mengikuti berbagai macam gaya. Nah, ada beberapa tempat ibadah umat Hindu tersebut yang disebut-sebut mempunyai keindahan yang mengagumkan. Apa saja?

 

1-Angkor Wat

Angkor Wat yang dalam bahasa Indonesia berarti “Kota Kuil”, adalah kompleks kuil yang luas di Kamboja yang menampilkan sisa-sisa kemegahan ibukota dari kerajaan Khmer, dari abad 9 hingga abad ke-15 Masehi.

 

Dalam kompleks ini ada Kuil Angkor Wat yang terkenal, monumen tunggal keagamaan terbesar di dunia, dan kuil Bayon di Angkor Thom dengan banyaknya permukaan batu besar. Selama sejarahnya yang panjang, Angkor mengalami beberapa kali perubahan untuk mengonversi agama Hindu jadi Buddhisme.

 

2-Tanah Lot

Pura yang satu ini terletak di atas sebuah batu karang besar. Tanah Lot merupakan salah satu pura Hindu paling terkenal di Bali. Pura ini juga menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali.

 

Pura Tanah Lot telah menjadi bagian dari mitologi selama berabad-abad. Pura Tanah Lot juga menjaedi salah satu dari tujuh pura/kuil laut yang membentuk rantai sepanjang pantai barat Bali.

 

(Sulung Tahitani;  Bahan dari : https://www.liputan6.com/citizen6/read/2193847/10-kuil-hindu-paling-indah-di-muka-bumi)-FatchurR * Bersambung………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close