Wisata dan Kuliner

9 Tempat Kuliner Di Lombok(1/3)

(tripzilla.id)- Berwisata ke suatu daerah tak lengkap bila tidak mencicipi makanan khas. Sebagian turis juga mengusung misi wisata kuliner karena daerah yang dituju punya ragam makanan yang terkenal lezat dan unik dibanding daerah lain.

 

Demikian pula dengan Lombok, NTB. Wisatawan kerap mencari tempat makan kuliner Lombok yang benar-benar asli dan otentik.

 

Di samping ayam taliwang yang melegenda, kuliner Lombok yang lain mulai merambah berbagai kota di Indonesia. Namun, jika Anda berkunjung ke Lombok, harus mencoba tempat makan kuliner Lombok rekomendasi Tripzilla berikut.

 

1-Nasi Balap Puyung Lombok Tengah

Nasi balap puyung merupakan salah satu menu paling dicari untuk sarapan. Maklum, orang Indonesia mengenal semboyan ‘belum makan kalau belum makan nasi’. Nasi balap puyung ini berasal dari Kampung Puyung, Dusun Lingkung Daye, Jonggat, Lombok Tengah.

 

Penjual yang paling pertama bernama Ibu Inaq Esun yang sudah berjualan sejak tahun 90-an. Namun saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan penjual nasi balap puyung di kota Mataram.

 

Satu porsi nasi balap puyung yang lengkap terdiri dari nasi putih dengan suwiran daging ayam bumbu pedas, kedelai goreng, kering kentang, oseng buncis, telur bacem (atau telur asin), dan tentu saja sambal khas.

 

Lokasi: Jalan Raya Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah 83561
Harga: Mulai dari 17,000 IDR per porsi

2-Bebalung Lombok Tengah

Dari penampakannya, mungkin Anda menganggap bebalung sebagai gulai sapi ‘biasa’. Akan tetapi, masyarakat Desa Sasak memiliki resep khusus yang membuat Anda lebih bertenaga sesudah makan bebalung. Wah, penasaran?

 

Sup yang memiliki cita rasa kuah gurih dengan daging yang lembut ini biasanya menggunakan bahan dasar iga dan tulang sapi. Namun, beberapa tempat makan kuliner Lombok menyajikan menu bebalung kuda yang dipercaya mampu meningkatkan stamina.

 

Sebagian orang juga kerap mencari bebalung kuda untuk obat malaria. Buat Anda yang bukan pecinta kuliner ekstrem, lebih baik coba bebalung sapi dulu. Tidak kalah enak, kok.

 

Lokasi: Depot Kelebet (Bebalung), Jalan HOS Cokroaminoto No.10, Monjok Timur, Selaparang, Mataram 83122; Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

3-Sate Bulayak-Taman Narmada

Setiap daerah di Indonesia sepertinya punya ragam kuliner sate, betul? Tak terkecuali Lombok, yang punya sate bulayak.

 

Ada sate ayam, jeroan, dan sapi yang bisa Anda pilih; tetapi yang membedakan sate bulayak dengan sate pada umumnya adalah lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Inilah yang dinamakan ‘bulayak’.

 

Hal unik lainnya dari sate bulayak adalah bumbu kacang yang dimasak dengan santan plus bumbu seperti ketumbar, jintan, bawang dan cabai. Agar lebih mantap, jangan lupa mencocol bulayak ke bumbu yang agak berkuah. Penjual sate bulayak dapat dengan mudah Anda temukan di area Narmada. Anda bisa mencicipi sate bulayak sambil mampir ke Taman Narmada yang instagrammable.

 

Lokasi: Taman Narmada, Jalan Raya Narmada, Lembuak, Kabupaten Lombok Barat 83371
Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

 

(Primadita Rahma; Bahan dari : https://www.tripzilla.id/tempat-makan-kuliner-lombok/19109)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close