Iptek dan Lingk. Hidup

Hoaks Baru Corona Termasuk Tisu adi Pengganti Masker(4/4)

(cnnindonesia.com)- 16-Wanita di China Disuntik Mati karena Virus Corona

Beredar postingan berisi video, seorang wanita di China disuntik mati oleh polisi karena kena virus corona. Dalam video 1 menit 43 detik itu, tampak sejumlah polisi menarik paksa wanita keluar dari dalam mobil. Lalu Wanita itu terkapar di jalanan.

Faktanya, dijelaskan video sejumlah polisi yang menyeret seorang wanita dari dalam mobil, tidak terkait virus corona. Melainkan si wanita diduga melanggar aturan tentang mengendarai mobil. Video tersebut diambil di Provinsi Heilongjiang, China.

17-Paus Fransiskus Positif Virus Corona

Media asing bernama MCM news diketahui membagikan berita dengan judul “Vatikan Mengkonfirmasi Paus Francis dan Dua Pembantunya Dinyatakan Positif Mengidap Coronavirus.”

Situs tersebut juga menyebut Paus Francis membatalkan misa yang direncanakan di Roma setelah menunjukkan gejala mirip virus corona.

Faktanya, sejauh ini situs resmi Vatikan yaitu vaticannews.va, belum mengeluarkan informasi apapun mengenai kesehatan Paus Fransiskus.

18-Sudah Masuk ke Indonesia, 136 Pasien Corona Dalam Pengawasan

Viral di medsos informasi yang menyebut ada 136 pasien WNI dalam pengawasan virus corona. Tertulis juga bahwa pasien terbanyak berada di DKI Jakarta yakni mencapai 35 pasien.

Faktanya, Balibang Kesehatan secara resmi merilis update hasil pemeriksaan pasien dalam pengawasan virus corona per 27/02/2020, hasil pemeriksaan menunjukan 136 pasien tersebut dinyatakan negatif.

19-Perbandingan Antara Darah Orang yang Terinfeksi Virus Corona dengan Orang Sehat

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang dokter yang membandingkan sampel darah yang diambil dari orang yang terinfeksi virus corona dengan orang yang sehat.

Faktanya, orang yang membuat video itu mengatakan dirinya bukan seorang dokter sungguhan. Dia merupakan seorang Mahasiswa yang sedang membuat video untuk proyek tentang bagaimana video menjadi viral di internet.

20-Virus Corona Sudah Masuk di Palu

Beredar pesan berantai di WA yang menyebutkan Virus Corona sudah masuk di Sulawesi Tengah. Pesan itu menyebutkan bahwa pasien yang diketahui adalah warga negara Perancis dirawat di RS Ampana.

Faktanya, klaim yang menyebutkan bahwa Virus Corona sudah masuk di Palu Sulawesi Tengah itu keliru. Dari hasil laboratorium, WNA tersebut dinyatakan negatif Virus Corona.

 

(eks/eks; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200304132359-185-480422/hoaks-baru-corona-termasuk-tisu-basah-jadi-pengganti-masker)-FatchurR * Tamat……

*** Marilah kita bijak dan waspada, menerima berita, hati hati jika ingin meneruskan berita (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close