TELKOMGrup dan SEKAR

100 Most Valuable Brand 2020-Telkom Kembali Dinobatkan Sebagai Brand Paling Bernilai

(telkom.co.id- Jakarta, 17/6/20) – Sebagai wujud komitmen berinovasi dan terus meningkatkan nilai perusahaan dan merek Telkom kembali dinobatkan sebagai peringkat pertama dalam peringkat 100 Most Valuable  Brand 2020.

 

Atau disebut perusahaan paling bernilai di Indonesia yang dirilis Brand Finance bekerjasama dengan Majalah SWA pada awal Juni 2020. Berarti, ini menjadi ke-6 kalinya Telkom meraih pencapaian yang gemilang sekaligus mengungguli merek top Indonesia lain sejak tahun 2015.

 

Hasil riset dan penilaian oleh Brand Finance ini juga mencatat, besaran nilai merek (Brand Value/BV) Telkom berdasar data kinerja bisnis 2019 adalah USD 4,76 miliar, atau naik 3% dibanding besaran BV 2018, yang USD 4,61M. Proporsi nilai merek  pada nilai enterprise (Enterprise Value) Telkom 14%. Besaran Enterprise Value Telkom mencapai USD 33,93 miliar dengan Brand Rating Triple A (AAA)

 

Selain mengalami peningkatan pada indikator BV, merek BUMN yang listing di bursa New York ini juga mengalami kenaikan dari indikator Brand Strengh Index (BSI) dibandingkan tahun sebelumnya, yakni kenaikan sebesar 2% dengan pencapaian skor BSI 87,45 atau naik dari sebelumnya sebesar 85,54.

 

Indonesia’s Most Valuable Brand 2020 ini pemeringkatan 100 merek perusahaan secara tahunan oleh lembaga riset independen internasional Brand Finance bekerja sama dengan Majalah SWA. Pemeringkatan brand value dengan memperhitungkan brand strength index, brand royalty rate, dan brand revenue. Yang diperhatikan dalam penilaian ini mencakup corporate brand dan product brand.

 

Dirut Telkom Ririek Adriansyah mengatakan Telkom memandang nilai merek yang tinggi tidak diperoleh hanya dengan upaya membangun merek semata. Namun Telkom fokus pada peningkatan kualitas layanan prima yang dirasakan pelanggan serta peningkatan kinerja bisnis perusahaan.

 

“Nilai merek ini tolok ukur persepsi pelanggan, investor serta stakeholder lain pada kualitas layanan yang dirasakan pelanggan dan performansi perusahaan. Dengan kualitas layanan yang baik dan performansi bisnis cemerlang, maka nilai merek perusahaan tentunya juga akan meningkat,” kata Ririek

 

Dikatakan Ririek, Telkom tengah bertransformasi dan memperkuat posisi sebagai perusahaan telekomunikasi digital. Hal tersebut diharapkan menjadi kekuatan bagi Telkom ke depan sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik demi meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan pelanggan serta stakeholders lainnya.

 

Meski tantangan menghadang ada peluang muncul, untuk itu Telkom terus memperkuat kapabilitas bisnis digital melalui pertumbuhan pendapatan bisnis digital, kontributor utama pendapatan perusahaan serta didukung investasi pada infrastruktur broadband berkelanjutan. Menurut Ririek, hal ini juga upaya Telkom untuk membangun dan meningkatkan merek perusahaan secara kontinyu.

 

Sepanjang 2019 Telkom  metaih pendapatan konsolidasi Rp 135,57T tumbuh positif Rp 4,78T (3,7%) dibanding 2018. Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) Perseroan 2019 tercatat Rp 64,83T dan Laba Bersih Rp 18,66T, atau masing-masing tumbuh 9,5% dan 3,5%. Digital Business Telkomsel dan IndiHome tumbuh signifikan dan jadi kontributor utama pertumbuhan Perseroan.

 

Selain pemeringkatan brand di Indonesia, Brand Finance juga membuat pemeringkatan Brand Finance Global 500 2020 dengan Telkom berada di posisi 434 (naik dari posisi 446) dan menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam daftar merek paling bernilai di pentas global.

 

Tidak hanya itu, dalam pemeringkatan brand telekomunikasi yang paling kuat dan bernilai atau Telecom 150, Telkom berada di posisi pertama di Asia Tenggara dan peringkat 33 di dunia, naik dari sebelumnya di peringkat 36.

 

“Pencapaian ini menjadi kalibrasi bagi Telkom dan memastikan bahwa kami sudah berada di jalur yang tepat. Tentunya apresiasi Most Valuable Brand ini menjadikan Telkom semakin percaya diri dalam meningkatkan kualitas dan nilai brand-nya demi memantapkan posisi Telkom sebagai operator kelas dunia,” ungkap Ririek.

 

(Bahan dari  : https://telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/news/100-most-valuable-brand-2020,-telkom-kembali-dinobatkan-sebagai-brand-paling-bernilai-di-indonesia-1139)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close