Aku cinta Indonesia

Bos Pertamina Rombak Direksi Anak Usaha

(finance.detik.com)-JAKARTA; Usai RUPS Pertamina pada Jumat (12/6), direksi tancap gas mentransformasi tingkat subholding bisnis. Hari, Sabtu (13/6/2020) Direksi Pertamina mengukuhkan Subholding, kesatuan tak terpisahkan dengan pembentukan holding migas dan penjabaran roadmap program kemen-BUMN yang tercantum dalam Buku Putih Pembentukan Holding Migas.

Ada 5 subholding dibentuk yaitu, Upstream Subholding yang operasionalnya diserahkan ke PT Pertamina Hulu Energi. Gas Subholding (PT PGN), Refinery & Petrochemical Subholding (PT Kilang Pertamina Internasional). Power & NRE Subholding (PT Pertamina Power Indonesia) dan Commercial & Trading Subholding (PT Patra Niaga)

Ada Shipping Company yang operasionalnya diserahkan ke PT Pertmina International Shipping. Dirut Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan pembentukan holding migas, 5 subholding dan 1 shipping company ini  langkah strategis yang tercatat dalam sejarah Pertamina.

Hal ini inisiatif untuk bisa beradaptasi dengan perubahan ke depan, bergerak lebih lincah, cepat serta fokus untuk pengembangan bisnis yang lebih luas dan agresif.

“Transformasi saat ini untuk menyiapkan lini bisnis Pertamina berkembang dan mandiri. Kini, lingkup bisnis Pertamina luas, tantangan dan kompetisi berbeda dan ada kekhususan risiko masing-masing”.

 

“Dengan subholding ini, tiap bisnis dapat bergerak lebih cepat dan lincah untuk pengembangan kapabilitas kelas dunia dan pertumbuhan skala bisnis yang menunjang Pertamina jadi perusahan global energi terdepan bernilai pasar US$ 100 billion,” tegas Nicke tertulis, (13/6/2020).

Sesuai Surat Keputusan No. SR-396/MBU/06/2020 tanggal 12/6/2020, Nicke tidak membuang waktu dan tancap gas melakukan penunjukan dan pengukuhan pejabat  subholding yang jadi nakhkoda di perusahaan ini.

Pejabat Chief Executive Officer (CEO) masing-masing subholding yang dikukuhkan Dirut Pertamina, Nicke Widyawati (sebagai pemegang saham) adalah:

CEO Upstream Subholding (PT Pertamina Hulu Energi) dijabat Budiman Parhusip.
CEO Refinery & Petrochemical Subholding (PT Kilang Pertamina Internasional) Ignatius Tallulembang dengan didampingi Deputy CEO Budi Syarif Santoso.

CEO Power & NRE Subholding (PT Pertamina Power Indonesia) Heru Setiawan.
CEO Commercial & Trading Subholding (PT Patra Niaga) Mas’ud Khamid. (mantan Direksi Telkom).
CEO Shipping Company (PT Pertamina International Shipping PIS) Erry Widiastono

Beberapa CEO Subholding, sebelumnya adalah Direksi Pertamina, sedangkan Dharmawan H Samsu serta Basuki Trikora Putra juga mendapat tugas baru sebagai Komisaris Utama di Subholding.

 

VP Corporate Communication, Fajriyah Usman menyatakan yang dilaksanakan (13/6) itu totalnya 36 pejabat dikukuhkan juga jadi pengalaman baru dan  berkesan. Diiringi lagu Bagimu Negeri yang syahdu dan membawa semangat nasionalisme, pengukuhan massive ini dengan memanfaatkan teknologi digital melalui video conference sebagai bagian dari ketaatan Pertamina pada protokol Covid 19.

 

“Pada struktur manajemen Subholding, Pertamina konsisten menempatkan Direksi dari pekerja karir yang relatif muda dan bermutu tinggi diharapkan jadi new energy dan upaya Pertamina mempersiapkan pemimpin masa depan”.

 

“Selain itu, komposisi manajemen juga diperkuat dengan profesional eksternal yang berpengalaman dan diharapkan banyak melakukan new breakthrough untuk pertumbuhan bisnis ke depan. Beberapa wanita juga berada diantara Direksi Subholding tersebut,” terang Fajriyah.

Pejabat sebelumnya, sebagai senior hadir dan ikhlas melepas estafet kepemimpinan pada penerusnya, sehingga serah terima jabatan dapat dilakukan dan diikuti pembacaan komitmen pejabat baru untuk mencapai kinerja dan kepatuhan untuk pelaporan LHKPN dan implementasi HSSE.

 

(ara; hns; Ardan Adhi Chandra;  Bahan dari : https://finance.detik.com/energi/d-5052704/tancap-gas-bos-pertamina-rombak-direksi-anak-usaha)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close