Islam

Melakukan Empat-K

(kanalsembilan.net)-Renungan Kecil 4 (empat) K

1-Keindahan  : Teknologi saat ini dan di masa depan telah membantu kita melihat dan mendokumentasikan keindahan dan keunikan semua ciptaan Allah SWT.

 

Manfaatkanlah teknologi tsb untuk berbagi keindahan dan kebahagiaan kepada sesama manusia sehingga semua orang akan berucap Masya Allah. Sungguh luar biasa ciptaan Allah SWT

Keindahan dunia yg luar biasa ini tidak ada apa-apanya dibandingkan surga. Jadi raihlah surga agar kita dapat benar-benar menikmati keindahan sejati, selamanya…

 

2-Kebersamaan

Dalam peribahasa kita disebutkan “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing” Gotong royong adalah istilah lain yg mewakili peribahasa tsb.

Islam telah mengajarkan prinsip saling tolong menolong ini, sebagaimana potongan ayat ini :

“… Tolong-menolonglah kamu dalam kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepadaNya. Allah sangat berat siksa-Nya.” Al-Maaidah : 2

 

Hidup dalam kebersamaan yg dilingkupi persaudaraan, saling berbagi dan tolong menolong adalah hal berharga. Dia tidak datang dengan sendirinya. Kita perlu terus ciptakan dan ikhtiarkan agar mewujud dalam kehidupan kita. Kebersamaan ini harus jadi jalan yg lebar dan luas untuk menuju kebersamaan yg lebih utama, yaitu hidup bersama di surga yg abadi.

 

3-Kesehatan

Islam telah mengajarkan kepada kita untuk bergaya hidup sehat. Salah satu manfaat dari ibadah-ibadah mahdhah kita adalah kita memperoleh kesehatan fisik maupun kesehatan rohani. Ibadah mahdhah dan ghair mahdhah yg kita lakukan akan semakin bisa kita nikmati apabila kondisi fisik dan mental kita sehat.

 

Jadi menjaga kesehatan melalui pola/gaya hidup sehat, harus kita jadikan sebagai program prioritas kita.  Setiap saat, setiap waktu.

 

4-Kebahagiaan

Hakikat kebahagiaan menurut Islam adalah Iman kepada Allah SWT. Tidak ada kebahagiaan sejati tanpa iman kpd Allah SWT. Bagi orang yg tidak beriman, kebahagiaan hanya semu saja dan fana.

 

Kebahagiaan tidak akan datang dengan sendirinya. Kebahagiaan adalah hasil dari ikhtiar kita yg dilandasi dengan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Jadi kita harus berusaha untuk setiap waktu menciptakan kebahagiaan melalui berbagai amal shaleh yg kita lakukan.

 

Bagi mereka yg beriman akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu saat hidup di dunia dan di akhirat kelak. Jadi, mari kita lakukan 4 (empat) K sepanjang hayat dikandung badan.

Barakallah. (Kang Jana; Bahan  dari : http://www.kanalsembilan.net/detailpost/renungan-jumat-barokah )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close