Iptek dan Lingk. Hidup

Perusahaan Jepang Buat Masker Terhubung Ke Ponsel Pintar

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Perusahaan startup Jepang, Donut Robotics, mengklaim telah mengembangkan masker pintar yang terkoneksi ke ponsel pintar. Teknologi itu dibuat untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang diprediksi masih berlangsung hingga beberapa tahun mendatang.

Masker yang bernama c-mask butuh jaringan koneksi Bluetooth untuk terkoneksi ponsel. Nantinya, pengguna masker bisa membuat pesan atau melakukan panggilan tanpa perlu membuka masker. Melansir CNET, fitur yang terpasang pada c-mask awalnya dikembangkan untuk robot bernama Cinnamon. Tpi, Donut Robotics mengalihkan teknologi itu seiring pandemi Covid-19.

“Kami kerja keras bertahun-tahun mengembangkan robot dan kami telah memakai teknologi itu untuk menciptakan produk menanggapi virus corona telah mengubah kehidupan” kata kepala eksekutif Donut Robotics, Taisuke Ono. Selain mengolah pesan dan panggilan, c-mask dapat menerjemahkan ucapan ke berbagai bahasa. Fitur lain yang menarik, kemampuan untuk mengirimkan suara dari ponsel.

Mungkin sulit mendengar orang bicara dari balik masker. Jadi konsep pengeras suara digital itu berguna di ruang kelas atau ruang pertemuan ketika pengguna c-mask jauh dari orang yang diajak bicara. Donut Robotic segera membuka preorder c-mask di Jepang dengan harga US$40 (£32 atau AU$60). Perusahaan berharap dapat mengirim c-mask akhir-2020.

Selain Jepang, Donut Robotic menyatakan tidak menutup kemungkinan untuk menjual produknya ke negara lain. Melansir Japan Times, Donut Robotics membuat produk itu untuk membantu perusahaan bertahan dari pandemi. Sebab, kontak robot pemandu dan penerjemah di Bandara Haneda yang dikembangkan Donut Robotics menjadi tidak pasti.

 

Sebanyak 5.000 c-mask buatan Donut Robotics akan dikirim ke pembeli di Jepang mulai September-2020. Donut Robotics butuh waktu sebulan mengembangkan masker yang terhubung ponsel. Desain masker menggunakan desain salah satu insinyur perusahaan, Shunsuke Fujibayashi, empat tahun lalu untuk proyek menafsirkan pidato dengan memetakan otot wajah.

 

(jps/ayp;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200627190016-185-518211/perusahaan-jepang-buat-masker-terhubung-ke-ponsel-pintar)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close