Islam

Kutipan Khotbah Wukuf Arafah-Islam Mlindungi Umat Dari Wabah

(muslim.okezone.com)-Walau terlambat disajikan, namun ada baiknya Anda simak yang berikut ini :

SYEKH Abdullah bin Suleiman Al Manea, anggota Dewan Cendekiawan Senior dan Penasihat di Pengadilan Kerajaan Arab Saudi.

 

Dalam khotbah wukuf di Arafah mengatakan Islam mengajarkan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan.

 

Hal ini seiring dengan langkah protokol kesehatan untuk melindungi masyarakat dari virus corona (covid-19) yang mewabah.

 

“Saudara seiman, ketika Anda ingin sholat tapi keadaan najis kecil, Anda harus lebih dulu berwudhu dengan mencuci wajah, lengan hingga dan termasuk siku, membasahi kepala, serta mencuci kaki dan pergelangan kaki. Jika dalam kondisi kotor, Anda harus lebih dulu mandi secara keseluruhan ,” kata Syekh Suleiman yang mengutip ayat Alquran, dinukil dari Saudigazette, (31/7/2020).

 

“Bersihkan pakaianmu.” Allah SWT memberi tahu kami, Nabi Ibrahim AS berkata “Ketika aku sakit, Allah-lah yang menyembuhkanku”. Selain itu, Allah menggambarkan Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Dia akan mengizinkan hal-hal bermanfaat baginya dan melarangnya dari hal menjijikkan”.

 

Nabi Muhammad bersabda: “Hamba Allah mencari obat untuk penyakit karena tidak ada penyakit yang tidak memiliki obat.” juga “Jangan menempatkan orang yang sakit dengan orang yang sehat.”

 

Syekh Al Manea mengutip hadis Nabi, “Jika Anda dengar wabah di suatu tempat, jangan memasukinya; dan jika wabah menyebar ke tempat di mana Anda berada, jangan meninggalkan tempat itu.”

 

Berdasarkan hadis ini dilarang bepergian dari satu lokasi ke lokasi lain ketika ada wabah yang sangat menular sedang menyebar. Keputusan ini yang dibuat Pemerintah Arab Saudi. Mereka membatasi jumlah jamaah haji tahun ini. Izin berhaji hanya ke warga negara asing (WNA) yang mukim di Arab Saudi.

 

Hal ini memungkinkan ibadah haji tetap dilakukan sambil menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama menjaga jarak sosial (physical distancing) antarjamaah.

 

Tindakan pencegahan dilakukan untuk melindungi kehidupan dari kerusakan yang dapat ditimbulkan akibat pandemi covid-19. Dia ingatkan kembali ajaran agama Islam berkaitan dengan melindungi kehidupan manusia.

 

Al Manea mengatakan berterima kasih ke semua Muslim atas tanggapan positif mematuhi protokol kesehatan di Tanah Suci Makkah dan Madinah guna melindungi orang-orang dari wabah covid-19.

 

“Kami berdoa semoga Allah memberi penghargaan kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman serta Putra Mahkota Muhammad bin Salman dan semua individu dari kepemimpinan bangsa dan pemerintah atas upaya yang mereka keluarkan untuk melayani dan melindungi Dua Masjid Suci,” lanjut Al Manea.

 

“Ya Allah beri mereka imbalan besar, dan lindungi mereka dari semua bahaya dan terhadap semua orang yang ingin sakit bagi mereka,” ujar Syekh Al Manea dalam doanya.

 

(han; Hantoro;  Bahan  dari :  https://muslim.okezone.com/read/2020/07/31/614/2254843/khotbah-wukuf-arafah-islam-melindungi-umat-dari-wabah?page=1)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close