Kesehatan

Takut Sama Jarum Pas Disuntik Vaksin Covid-19

(lifestyle.bisnis.com)- JAKARTA – Pemerintah menggencarkan vaksinasi Covid-19 mengatasi pandemi. Vaksinasi dilakukan menggunakan jarum suntik. Petugas kesehatan memasukkan vaksin di bagian lengan atas. Hanya, tak semua orang berani divaksinasi. Ada yang urung karena takut jarum suntik.

 

Ketakutan jarum suntik ini bisa dipahami. Mungkin karena trauma, membayangkan sakitnya kulit tertembus jarum, dll. Bahkan ada orang yang sudah masuk tahap lanjut dari ketakutan yakni fobia. Melihat jarum suntik saja membuatnya pusing, jantung berdebar, mual, sampai pingsan.

 

Direktur Medis AdventHealth Centra Care Urgent Care, Timothy Hendrix mengatakan takut disuntik itu normal. “Kebanyakan yang saya temui tak suka jarum,” katanya dikutip dari laman AdventHealth. Hanya, dia harap ketakutan jarum suntik jangan sampai mempengaruhi kondisi kesehatan jangka panjang. Bagi yang takut jarum suntik, berikut 5 tips yang dapat dilakukan sebelum dan saat disuntik:

 

1-Ubah pola pikir

Mungkin mudah diucapkan, dan sulit dilakukan. Coba pikir manfaat yang bisa didapat setelah divaksin. Tubuh lebih kebal pada penyakit. Sehat jadi modal utama tiap orang dalam beraktivitas. Disuntik itu sakit. Tapi sementara. “Berpikir positif membantu meningkatkan kenyamanan dan mengurangi rasa sakit itu” kata Hendrix.

 

2-Petugas kesehatan

Pastikan Anda disuntik oleh tenaga medis yang mumpuni. Petugas berpengalaman tahu bagaimana menentukan titik tempat menyuntik, memandu orang yang disuntik dalam mengatur napas (kapan menarik dan menghembuskan napas), serta prosesnya cepat.

 

3-Mengalihkan perhatian

Anda bisa alihkan perhatian ketika mau disuntik. Misalkan melihat ke ponsel, sambil berhitung, melihat gambar yang menarik, dll. Dengan begitu, Anda bisa melewatkan momentum disuntik dengan baik.

 

4-Dampak dari ketakutan

Kalau ketakutan setengah mati saat hendak disuntik, bisa jadi reaksi Anda membuat petugas kesehatan jadi grogi. Jangan sampai kondisi ini merugikan Anda karena bisa jadi proses penyuntikan bisa terasa lebih sakit dari yang sebenarnya.

 

5-Hadapi ketakutan Anda

Tak ada jalan selain menghadapi ketakutan jarum suntik. Tenanglah dan ikuti instruksi dari petugas kesehatan. Kendati vaksinasi Covid-19 mulai meluas, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan 5M untuk mencegah infeksi Covid-19. Lima M itu : Memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

 

(Editor : Hadijah Alaydrus; Bahan dari  : TEMPO dan https://lifestyle.bisnis.com/read/20210117/106/1344030/takut-sama-jarum-pas-disuntik-vaksin-covid-19-ini-tipsnya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close