Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Yoga Virtual YFC Yakes Jabar (25-02-2021) Dan Yoga Sebagai Penenang Pikiran

Seperti biasa Yakes Area-3 Jabar rutin hadir dan melayani dengan Cinta. Kali ini pada hari Kamis tanggal 25/2/2021 memandu Yoga Pelanggannya (di Area-3 Jabar). Walau Kang Diki Akbari berhalangan hadir, namun sosoknya tetap Bersama peserta melalui Video

 

Diikuti oleh 34 peserta yaitu peserta dari Klub Bandung Raya (termasuk didalamnya warga eks Longhill 47 dan Mabes P2Tel serta Klub KJS  Tegallega) dan kelihatan juga dari Klub Sukabumi. Sebagian Data peserta ditampilkan di akhir arikel ini

 

Karena pada kesempatan tersebut tidak ada acara Sharing atau Pagi Ceria, maka saya sajikan tentang “Yoga sebagai alternative untuk menenangkan pikiran dll yang saya cuplik dari suara.com. Monggo :

 

Olah Raga Yoga bisa menjadi alternatif menenangkan tubuh dan pikiran akibat efek negative Pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkan Mudit Dandwate, profesional yoga dan salah satu pendiri Dozee.

 

“Kesehatan mental penting untuk melewati masa sulit ini. Kebanyakan orang tak dapat bersantai dan secara paksa mencoba rileks yang menghasilkan Stres lebih besar,” kata Mudit seperti yang Suara.com kutip dr Antara, (1/10/2020). Kecemasan atau stres memicu sistem saraf simpatik yang mengakibatkan peningkatan tekanan darah, otot tegang, kurang konsentrasi, dan pernapasan lebih cepat.

 

Yoga membantu menenangkan masalah itu. Karena Yoga memiliki pose peregangan yang mengurangi ketegangan pada otot dan persendian, dan mengendurkan sistem simpatik. Saraf simpatik ini di pangkal sumsum tulang belakang di daerah dada dan pinggang, fungsinya mempercepat kerja organ-organ tubuh.

 

Banyak pose yoga yang baik untuk mengelola tekanan darah sehingga mengurangi gejala kecemasan. Bagi pemula, Mountain Pose pada dasarnya gerakan yoga dasar untuk semua pose berdiri. Ada Seated Pose yakni duduk bersila dengan posisi tubuh tegap, dada membusung ke depan, kepala diangkat ke atas serta rileks. Dan Three Pose mengandalkan keseimbangan dengan berdiri satu kaki dan melatih fokus.

 

Gerakan lainnya Standing Pose, mengangkat kaki kanan menghadap ke atas hingga membentuk sudut 45 derajat, dan tangan kanan meraih kaki kanan itu. Gerakan selanjutnya Child Pose yakni posisi duduk bersimpuh, lalu condongkan badan ke depan hingga paha dan kepala bisa menyentuh lantai dengan menjulurkan tangan ke depan.

 

Bagi yang merasa sakit di punggung dapat mencoba Back Pain Pose. Diawali tidur telentang, lalu tekuklah kaki sambil mengangkat pantat secara perlahan hingga membentuk sudut 45 derajat.

 

Beberapa contoh pose dalam Yoga itu dilakukan 20 menit setiap hari sehingga membantu kita dalam mengatasi Stres dan kecemasan.

 

Di saat yoga dan meditasi, kita suasana tenang dan rileks. Penggunaan gawai pun bisa membantu hal itu, seperti misalnya diiringi berbagai jenis suara alam dan bisa diputar dari perangkat.

(Dikutip dari Risna Halidi; https://www.suara.com/lifestyle/2020/10/01/151232/yoga-jadi-alternatif-tenangkan-tubuh-dan-pikiran-saat-pandemi-covid-19)

 

Demikian sekelumit hubungan Yoga dan Stres. Kini kita intip catatan sebagian peserta yang ikut diantara 34 peserta yang terlihat dlm monitor. Yaitu :

Dari Klub Bla Tegallega

1-Fatchur Rohman.

2-Djuhana.

3-Tatang Kartiwa.

4-Esih.

 

Dari Mabes P2Tel dan mantan Longhil-47 adalah :

1-Suroto dan Ibu

2-M. Rifai

3-Sumiyati Suronto dan suami

4-Sri Widayati dan

5-Wiwiek Hendayani

(Disusun Bersama Djuhana; Klub KJS Tegallega)-FR

Yoga Virtual YFC Yakes Jabar (25-02-2021) Dan Yoga Sebagai Penenang Pikiran

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close