Aku cinta Indonesia

Kapal Tanker Raksasa VLCC Pertamina Prime Di Uji Coba

(ekbis.sindonews.com)-JAKARTA; PT Pertamina International Shipping (PIS) mulai 8/3/2021 menguji coba kapal tanker raksasa kedua bertajuk PERTAMINA PRIME. Kapal yang telah melaksanakan steel cutting (20/12/2019) akan melakukan sea trial di Kepulauan Goto, Prefektur Nagasaki, Jepang.

Seperti diketahui, sea trial ini tahap uji coba kapal guna memastikan performa kapal telah sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan oleh Japan Marine United (JMU) sebagai pembuat kapal. Kapal PERTAMINA PRIME melaksanakan sea trial 6 hari mulai 8/3/2021 hingga 13/3/2021.

Yang jadi objek uji coba seperti progressive speed, fuel consumption, turning, vibration, noise level, anchoring, steering gear, performa main engine, endurance, maneuvering kapal, konfirmasi cargo oil pumping rate capacity, running test SOx Scrubber, serta operation test Ballast Water Management System. Diharapkan, objek ini dapat beroperasi baik sehingga bisa dilayarkan di perairan Indonesia.

“Sebelum mulai berlayar, semua bagian ini harus dipastikan beroperasi baik. Sehingga saat berjalan, tak ditemukan masalah, performa kapal juga prima. Kami harap jika lulus uji coba ini, PERTAMINA PRIME dapat beroperasi dan melaksanakan tugas bersama PERTAMINA PRIDE jadi urat nadi yang menyalurkan energi untuk negeri,” ujar I Putu Puja Astawa, Director of Fleet Management PT PIS.

Seperti VLCC PERTAMINA PRIDE, kapal kedua ini berkapasitas 2 juta barel yaitu single screw driven single deck type crude oil tanker dengan panjang keseluruhan (LOA) 330 meter dan draft 21,5 meter. Kapal ini disiapkan memenuhi kebutuhan feedstock kilang yang dijalankan Subholding Refinery & Petrochemical Pertamina.

Keunggulan kedua kapal milik PIS adalah berteknologi Super Stream Duct ®? pada desain kapal sehingga membuat performa VLCC PERTAMINA PRIME berkecepatan trial 16.9 knot. Selain itu, kapal VLCC mutakhir ini memenuhi requirement terminal modern di dunia dan regulasi internasional yaitu IMO Annex VI Tier III yang berguna untuk pembatasan emisi gas buang Sulphur Oxide (SOx) dan Nitrogen Oxide (NOx).

Serah terima kapal “PERTAMINA PRIME” dilaksanakan (30/3/2021) di Galangan JMU Ariake, Jepang.

(atk; Atik Untari; Bahan dari : https://ekbis.sindonews.com/read/360836/77/kapal-tanker-raksasa-vlcc-pertamina-prime-siap-lakukan-uji-coba-1615388613)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close