Aku cinta Indonesia

RI Ranking tertinggi Negara Paling Rawan Bencana

(news.detik.com)-JAKARTA; Presiden Jokowi mengingatkan Indonesia negara rawan bencana. Indonesia, kata dia, masuk 35 negara paling rawan bencana di dunia.

 

“Saya ingin ingatkan negara kita Indonesia adalah negara rawan bencana. Masuk 35 paling rawan risiko bencana di dunia dan tadi Pak Doni Monardo, Kepala BNPB, menyampaikan setahun-2020 kita menghadapi 3.253 bencana. Per hari kurang-lebih 9 bencana,” kata Jokowi dalam RakorNas Penanggulangan Bencana (2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekpres (3/3/2021).

 

“Bukan angka kecil, tapi ujian dan tantangan itu yang harus kita hadapi. Baik hidrometeorologi maupun bencana geologi. Kita menduduki ranking tertinggi negara paling rawan bencana karena jumlah penduduk kita besar. Sehingga risiko jumlah korban bila ada bencana besar”. Untuk mengurangi risiko bencana, pencegahan dan mitigasi kunci utama. Hal itu bukan berarti mengabaikan manajemen bencana.

 

“Saya lihat kunci utama mengurangi risiko terletak pada aspek pencegahan dan mitigasi bencana yang selalu sdiampaikan berulang-ulang pencegahan, pencegahan, jangan terlambat. Ini bukan berarti aspek yang lain dalam manajemen bencana tidak kita perhatikan, bukan itu. Tapi jangan sampai kita hanya bersifat reaktif saat bencana terjadi,” tutur Jokowi.

 

Karenanya, diminta kebijakan yang dikeluarkan harus sensitif bencana. Kebijakan harus disiapkan  matang dan detail. “Kita harus persiapkan diri dengan antisipasi yang terencana baik. Detail. Karena itu kebijakan nasional dan kebijakan daerah harus sensitif pada kerawanan bencana. Jangan ada bencana baru kita pontang-panting, ribut, atau saling menyalahkan seperti itu tidak boleh terjadi,” kata dia.

 

Kini ada rencana induk penanggulangan bencana 2020-2024 di Perpres 87/2020. Dia minta “Grand design itu harus  diturunkan dalam kebijakan, dalam perencanaan, termasuk tata ruang yang sensitif dan memperhatikan aspek kerawanan bencana serta diaudit dan pengendalian kebijakan dan tata ruang yang berjalan di lapangan, bukan di atas kertas. Ini yang sudah berulang-ulang saya sampaikan” papar Jokowi.

 

(mae/imk;  Marlinda Oktavia Erwanti; Bahan dari : https://news.detik.com/berita/d-5479353/ingatkan-pencegahan-jokowi-ri-ranking-tertinggi-negara-paling-rawan-bencana?_ga=2.65375918.1640840230.1614774504-463280980.1577558259)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close