Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Aerobik Virtual Yakes Jabar (23-03-2021) Dan Mengintip Tahapan Aerobik

Sebagaimana biasa pada hari Selasa tanggal 23-03-2021, bersama pak Sonsi sebagai Instruktur handal bagi pesertanya, YFC Yakes Telkom memfasilitasi penyelenggaraan Senam Aerobik untuk menggapai dan berupaya hidup sehat.

Total peserta sebanyak 57 orang yang tersebar di Area Jabar, dan terjauh peserta dari Klub Sukabumi. Selebihnya diantaranya dari Klub Senam di Bandung Raya, yag sempat tercatat dari Klub KJS Tegallega Bandung Selatan dan Eks LongHill 47 sebagai berikut :

Kegiatan OR Mandiri yang dilaksanakan Anggota KJS BLA (23-03-2021)

1-Sukaeni/550697.100

2-Fatchur Rochman/490197.000

3-Djuhana/500067.000

Sedangkan dari mantan LonngHill 47 :

(Gatot Pidekso; Henu; Wulan K; Wiwiek H; Sri Widayati dan penyaji)

Selanjutnya mari kita intip Tahapan proses Senam Aerobik dari sumber berikut ini :

(gurupenjaskes.com) -OR senam aerobik ini simpel dan mudah dilakukan dan dimana saja, kapanpun, dan dengan siapun, termasuk Senam Virtual dari YFC Yakes Jabar yang dapat dijangkau dari mana saja).

Dengan begitu hidup kita jadi lebih sehat. Berbagai manfaat telah kita sajikan sebelumnya dengan  gerakan sederhana dan mudah sehingga tinggal usaha yang kita lakukan mencapai puncak mendapat kehidupan yang sehat jasmani dan rohani.

Sebagaimana panduan dari pak Sonsi ada tahapan tahapan dalam bersenam aerobik ini. Karena jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal anda harus melakukannya dengan teknik, tahapan yang benar, dan sungguh-sungguh agar yang kita lakukan tidak sia-sia. Selain diawali berdoa dan ukur denyut nadi berikut tahapannya :

1-Tahapan Pemanasan

Sebelum bersenam aerobik penting melakukan pemanasan dulu agar tidak cidera saat senam aerobic. Karena  bukan membuat sehat tapi menambah beban cidera bagi tubuh, sebab tahap awal anda salah. Pemanasan itu untuk  menaikkan denyut jantung, menaikkan suhu tubuh awal, dan mempersiapkan otot -otot kita serta persendian agar tidak cidera.

Pemanasan umumnya (5-10 menit) sebelum gerakan senam aerobik. Pemanasan bisa seperti jalan ditempat, menggerakkan tubuh ke kanan dan ke kiri, menggerakkan lengan ke bawah sampai ke bagian atas, dan lainnya.

2-Tahapan Gerakan Inti

Pada tahap ini gerakan dengan intensitasnya lebih tinggi dan durasi yang lamanya sekitar (22-55 menit). Berikut merupakan gerakan inti dari gerakan senam aerobic, tergantung dari Pemandunya  :

(1-Marching; 2-Jogging;  3-Kicking; 4-Single Step; 5-Bouble Step; 6-Gripevire; 7-Leg Curl dan 8-Heel Touch)

3- Tahapan pendinginan

Pendinginan ini tahap terakhir untuk mengembalikan frekuensi dari denyut jantung yang cepat kembali jadi stabil atau normal kembali yang berkurang bertahap dan mengembalikan kondisi normal otot-otot tubuh. Tahap pendinginan bisa anda lakukan sekitar (5-10 menit).

(Djuhana-KJS Tegallega Bandung Selatan; Bahan dari https://gurupenjaskes.com/sejarah-aerobik-dan-perkembangannya)-disusun Bersama FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close