Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Virtual Yoga (08-03-2021) Dan Manfaat Yoga Bagi Lansia

Kegiatan OR Mandiri dan Senam Virtual Yoga Bersama YFC yang dilaksanakan Anggota KJS BLA Hari Senin tgl. 08-03-2021 :

 

1-Djuhana/500067.000;   2-Fatchur Rochman/490197.000;  3-Esih/500825.100

4-Entin Rustini/640498.000;  5-Tatang Kartiwa/490347.000 ;  6.-Sumariswati/410559.100

7-Rita Nurhayani/542162.000

 

Mereka bagian dari total yang Hadir sebagai peserta sebanyak 43 orang meliputi Anggota Klub Se Jawa Barat : (Bandung Raya, Sukabumi) termasuk juga dari Mabes P2el (2 peserta) dan dari ex Longhill47 : Sri Widayati, pasangan Sumiyati Suronto, Wiwiek H, Andarini, OTe (Yoto)

 

Sekedar tambahan tidak ada salahnya disajikan artikel “Manfaat Yoga Bagi Lansia” dari sumber berikut :

(hellosehat.com)-Lansia tidak berarti meninggalkan rutinitas ber-OR. Meeeka dengan kemampuan lebih terbatas, OR ringan seperti Yoga amat bermanfaat bagi kesehatan. OR ini bisa dilakukan di rumah mwngikuti Irma yang dicontohkan Kang Diki Akbari  melaluii YFC  dan gak perlu peralatan khusus.

 

Manfaat Yoga untuk Lansia

Menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk atau berbaring, tidak baik untuk kesehatan lansia. Meski fungsi tubuhnya tidak sesehat dulu, lansia tetap harus aktif bergerak. Caranya dengan tetap menjalankan olahraga secara rutin, seperti senam yoga.

 

Mengurangi Stres dan kecemasan

Depresi dan gangguan kecemasan itu gangguan mental bagi lansia. Mungkin stres karena kesepian, atau cemas dengan penyakit kronis yang diidap. Tanpa perawatan, stres dan cemas akan bertambah buruk dan menyebabkan gangguan mental.

 

Untuk mencegah atau meredakannya, lansia bisa menjadikan yoga sebagai bagian perawatan pendukung dan jenis OR aman bagi Lansia Pasalnya, yoga membuat suasana hati lebih baik hingga mampu meredakan stres dan kecemasan.

 

Meningkatkan kebugaran dan mobilitas

Lansia kerap kesepian karena mobilitas tubuhnya menurun, tidak aktif dan kuat beraktivitas seperti dulu, sehingga lebih memilih berdiam di rumah. Agar tidak makin memburuk, seharusnya mengasah kekuatan otot dan tulang dengan yoga. Juga melatih keseimbangan tubuh lebih baik dan tidak mudah jatuh

 

Membantu meredakan gejala penyakit

Yoga membantu menurunkan risiko penyakit kronis, karena aktivitas ini meningkatkan detak jantung, membantu pengendalian berat badan tetap ideal, dan menjaga tensi tetap stabil. Anda bisa menghitung detak jantung saat OR dengan Kalkulator Detak Jantung OR atau via link bit.ly/cekdetakjantung.

 

Juga, Yoga bisa meredakan nyeri punggung (gejala menopause). Dapat disimpulkan bahwa menerapkan yoga sebagai aktivitas fisik bisa meningkatkan efektivitas pengobatan yang mungkin lansia jalani.

 

Persiapan sebelum Yoga bagi Lansia

Kondisi kesehatan Lansia berbeda dengan yang lebih muda. Sejumlah persiapan yang perlu sebelum lansia menjalani OR. Hal ini untuk mengurangi risiko cedera atau masalah kesehatan yang berkaitan dengan keterbatasan gerak tubuh. Persiapan yang perlu di antaranya:

 

a-Pertimbangkan masalah kesehatan lansia. Orang Lansia biasanya bermasalah dengan tulang, tekanan darah tinggi, glaukoma, atau radang sendi. Awali yoga dengan gerakan ringan khusus lansia guna membentuk posisi dasar yang tepat, seeperti yang dilakukan Kang Diki.

 

b-Semua orang dapat melakukan yoga, tapi lebih baik bila lansia memiliki instruktur seperti Kang Diki. Jadi kenapa yang belum ikutan memanfaatkan rutin ber Yoga yang disediakan YFC Yakes Area Jabar.

 

c-Kenali kemampuan tubuh Anda dan jangan melakukan gerakan OR berlebihan. Hindari gerakan-gerakan yang meningkatkan risiko keseleo atau bahkan cedera.

 

Selamat beraktivitas dan nantikan sajian berikutnya tentang Ragam Gerakan dan Pose Yoga pada kesempatan berbeda

 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri – Dokter Umum | Ditulis oleh: Aprinda Puji

(https://hellosehat.com/lansia/olahraga-lansia/gerakan-yoga-untuk-lansia/#gref)

(Disusun Bersama Djuhana; Ketua Klub KJS Tegallega)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close