Iptek dan Lingk. Hidup

Rahasia Pengeras Suara Masjidil Haram

(travel.okezone.com)-MASJIDIL HARAM di  MAKKAH Arab Saudi tempat paling suci bagi umat Islam. Di tengah masjid ini berdiri Kakbah, kiblat Muslim dunia. Tiap tahun jutaan muslim mengunjungi Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah haji atau umrah.

Selain termasuk 3 masjid paling penting dan bersejarah bagi muslim, Masjidil Haram merupakan masjid terbesar di dunia. Kawasan Masjidil Haram mencapai 99 ha atau setara dengan 50 lapangan sepak bola yang disatukan.

Suara manusia tidak cukup untuk menggapai seluruh area. Imam dan Muadzin perlu bantuan pengeras suara. Karena wilayahnya luas, sound system Masjidil Haram jadi salah satu yang terbesar di dunia. Tersebar lebih dari 6.000 pengeras suara di kawasan Masjidil Haram dan 60 teknisi suara yang selalu siap memastikannya berfungsi baik.

Dilansir dari Youtube IlmFeed, pengisi suara di Masjidil Haram selalu disiapkan 3 buah mikrofon. Mikrofon paling kanan itu mikrofon utama. Jika mikrofon ini tak berfungsi, mikrofon ke-2 yang di tengah akan mengambil alih pekerjaan. Mikrofon paling kiri akan digunakan jika dua mikrofon lainnya tidak berfungsi.

Meski tidak mungkin ketiga mikrofon gagal bekerja, para teknisi tetap menyiapkan mikrofon lain. Mereka letakkan tidak jauh dari tempat pengisi suara supaya cepat dipasang ketika 3 mikrofon mengalami masalah.  Khusus untuk Imam yang memimpin sholat di Masjidil Haram, disiapkan 9 mikrofon untuk tiap posisi sholat yang berbeda seperti saat berdiri, rukuk, dan sujud.

Sistem Suara yang selalu bekerja dengan baik itu tak ubahnya hasil dari jerih payah para teknisi, staf, dan relawan Masjidil Haram yang cekatan menjalankan tugasnya. Mereka berdedikasi dan tak kenal lelah.

(sal; Fatha Annisa;  Bahan  dari :  https://travel.okezone.com/read/2021/02/21/406/2365723/rahasia-pengeras-suara-madjidil-haram-yang-perlu-traveler-tahu)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close