Islam

Kashgar Kota Islam Tertua Di China Barat

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Kashgar terletak di ujung barat China (bagian barat daya daerah otonom Uighur Xinjiang). Sejak 2000 lalu, kota Kashgar berperan sebagai hub lalu lintas dan terminal barang komoditas China barat dan pusat bisnis yang dilintasi Jalan Sutra Kuno.

Tahun-tahun terakhir, kota lama Kashgar yang sarat muatan kebudayaan dan keeksotikan etnis menarik makin banyak sorotan dunia. Kota Kuno Kashgar seluas 3,6 m.2 didominasi pemandangan terbuka, dan jadi rumah bagi warga etnis Uighur. Berjalan-jalan di Kashgar, seseorang akanĀ  tertarik pada tembok-tembok bersejarah lama dan gerbang besi yang berkarat serta lorong berliku-liku dan sunyi.

Petilasan sejarah bak kitab sejarah penuh kisah lampau ribuan tahun silam. Berbincang dengan seorang kakek yang duduk santai di depan rumahnya atau mengambil foto bocah nakal dan bermain ceria, aku hanyut suasana tenang dan santai kota kuno ini. Taman Kashgar Kuno, satu-satunya obyek wisata nasional kelas 5A di kota Kashgar.

Tahun lalu 2020, taman ini sepi dari turis karena pandemi Covid-19. Namun, sejalan keberhasilan China dalam penanggulangan pandemi Covid-19, obyek wisata ini sama seperti tempat lain di China kembali memperlihatkan dinamika.

Pada liburan panjang Hari Nasional dan Hari Tiongciu (Oktober-2020), turis yang ke Taman Kashgar Kuno 90 ribu kunjungan. Jumlah pengunjung pada 4/10/2020 mencapai 15 ribu orang, rekor terbanyak secara harian. Kota ini tiap pagi dibuka dalam upacara ramai yang diwariskan dari zaman kuno.

Seorang lansia ubanan menari sendirian di gerbang. Lalu tampil 2 pengawal berpakaian ziarah membuka pintu gerbang kota dan berdiri tegak di kedua belah pintu. Para turis disambut masuk pemudi belia cantik di tengah iringan musik dan tarian. Di kedua tepi jalan kota kuno ini, berderet toko dan bengkel kerajinan tangan.

Terlihat mesin penenun rakitan berdengung, para penjual tembikar dan terakota asyik menawarkan dagangannya dan pendongeng yang melantunkan lagu ceria. Kota Kuno ini seru pada malam hari. Kuliner malam macam-macam dan pengunjung penuh sesak. Ada yang duduk di gerai atau rumah makan di pinggir jalan, menyantap jajanan lezat sembari menikmati minuman. Benar-benar nikmat.

Ada ikon kota, yaitu Masjid Id Kah sejak lama jadi lambang Kashgar Kuno. Masjid ini dibangun pada 1442 dan bersejarah 600 tahun lebih hingga saat ini. Kompleks bangunan Masjid Id Kah dengan arsitektur etnis setempat dan kental nuansa agama Islam, merupakan suri teladan arsitektur kuno etnis Uighur.

(miq; miq; BahanĀ  dari :China Media Group; https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20210419084553-33-238821/pesona-kashgar-kota-islam-tertua-di-barat-china-daratan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close