Iptek dan Lingk. Hidup

Kotoran Numpuk Di Filter-Ini Cara Menentukan Suhu Ideal AC

(idea.grid.id)- Banyak simpan kuman-debu, membuat peneliti menganjurkan agar perangkat elektronik, seperti TV, komputer, laptop, playstation, diletakkan jauh-jauh dari kamar tidur. Di kota besar, AC menjadi kebutuhan pokok, termasuk di kamar tidur.

Alasannya, supaya kamar lebih sejuk dan kita merasa nyaman di dalamnya. Tapi, kebiasaan menggunakan AC harus disertai penggunaan yang “sehat”. AC yang diletakkan di kamar tidur yang ventilasinya minim,  bisa mengganggu kesehatan orang yang tidur di dalamnya. Ruangan ber-AC yang minim ventilasi akan banyak menyimpan bakteri dan kuman karena “kotoran” tak bisa keluar ruangan.

Sebaiknya, di ruangan ber-AC, jendela selalu dibuka secara rutin pada jam-jam tertentu sehingga hawa di dalamnya bisa berganti udara segar dan bakteri atau partikel kuman yang berkumpul di dalam bisa keluar. Selain itu, perhatikan pengaturan suhunya. Jika terlalu rendah bisa menimbulkan keluhan. Temperatur AC yang dianjurkan antara 240C – 360C dengan kelembapan 65% hingga 95%.

Untuk mendapatkan udara sejuk, sebaiknya kapasitas AC harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Bagaimana menghitung kapasitas AC yang pas? Besarnya kapasitas AC biasanya mengacu satuan PK atau Paard Kracht. Untuk menentukan PK, Anda dapat gunakan rumus :

Panjang ruangan (m) x Lebar ruangan (m) x Tinggi/3 (m) x 500.

Hasilnya kemudian sesuaikan dengan PK.

Misalkan Anda memiliki ruangan dengan panjang 5 m, lebar 3 m dan tinggi 3.

Dengan menggunakan rumus di atas hasilnya adalah 7500.

Ini artinya, PK yang dibutuhkan sebesar 3/4 atau 1 PK.

Dengan demikian kenyamanan pemakaian AC akan lebih terjaga.

Yang harus diperhatikan, perawatan AC. Rajinlah membersihkan unit indoor dan outdoor AC secara teratur. Evaporator  pada  unit indoor yang kotor menyebabkan beban kerja AC bertambah. Kotoran yang menumpuk pada filter jadi tempat berkumpulnya debu-kuman.

Kotoran itu akan dikembalikan lagi ke dalam ruang melalui hembusan AC. Bila hal ini terjadi, hembusan AC menebarkan udara yang tidak sehat bagi orang yang berada di ruangan tersebut. (*)

(Fatur/IDEA; Maulina Kadiranti;  Bahan dari : https://idea.grid.id/read/092616106/hati-hati-kotoran-malah-numpuk-di-filter-begini-cara-menentukan-suhu-ideal-ac?page=all)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close