Islam

Menara Spiral Unik Di Masjid Agung Samarra Di Irak

(travel.detik.com)-Masjid berdesain unik berdiri di Irak. Menara spiralnya bernama Malwiya setinggi 52 meter. Mengutip Times of India, Masjid Agung Samarra di kota Sammara, Irak, 129 km sebelah utara kota Baghdad di tepi Sungai Tigris. Masjid ini berdiri di area 17 ha, dan luas bangunannya 38 ribu m2.

Menurut CNN Indonesia, nama Samarra bermakna ‘Kebahagiaan bagi seluruh orang yang melihatnya‘. Masjid unik ini didirikan abad ke 9 (mulai tahun 848 hingga 851 oleh khalifah Abbasiyah al-Mutaawakkil yang memerintah dari 847 sampai 861.

Masjid Agung Sammara tata letaknya persegi panjang berdinding bata panggang bagian luar setinggi 10 mt dan tebal 2,65 mt. Ada 16 gerbang untuk jemaah. Menara unik itu dinamakan Malwiya berarti menara melilit. Pada masanya, menara ini banyak fungsi, misalnya adzan, juga penanda kekuasaan wilayah bahwa ada pemukiman Islam di Lembah Tigris, sebab puncaknya  terlihat dari kejauhan.

 

Menurut banyak orang, desainnya unik turunan dari arsitektur ziggurat Mesopotamia. Pengaruh Pilar Gor yang dibangun di Kekaisaran Sasanian. Menara yang unik mengilhami pemenang Pritzker Architecture Prize, Philip Johnson untuk Kapel Thanksgiving yang dibangun 1976 di Thanks-Giving Square di Dallas, Texas di AS.

Masjid Agung Sammara pernah jadi yang terbesar di dunia selama 400 tahun sebelum dihancurkan oleh tentara penguasa Mongol Hulagu Khan selama invasi ke Irak pada 1278. Tembok serta menara setinggi 52 meter adalah yang bagian masjid yang tersisa.

Pada tahun 2005, sebagian menara Masjidnya hancur saat dibom oleh pemberontak. Hal itu disebabkan karena tentara AS menggunakan menara tersebut sebagai tempat mengintai.

(elk; ddn; Elmy Tasya Khairally; Bahan dari : https://travel.detik.com/international-destination/d-5559930/miliki-menara-spiral-yang-unik-inilah-masjid-agung-samarra-di-irak)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close