Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Aerobik Virtual (11-05-2021) Dan Manfaat Senam Aerobik

Semoga para peserta Senam Aerobik Virtual (11-05-2021) khususnya dan peserta yang berhalangan tetap sehat. Aamiin YRA. Disamping itu Terimakasih kami ucapkan kepada teman teman serta Jajaran Yakes Area Jabar yang terus bersemangat dalam Senam terakhir ini dua hari jelang Idul Fitri 1442H,

Aerobik kali ini masih tetap diasuh pak Sonci beserta Timnya yang terus mengajak sehat para peserta melalui Senam ini dengan memandu tanpa bosan bosannya yang dikuti oleh 33 pensiunan dari Area Jabar bagian dari PMP Bandung Raya dan Sukabumi.

Kehadiran pensiunan Telkom yang jumlahnya kurang dari separuh biasanya itu bisa jadi karena :

1-Bulan Ramadhan jelang Idul Fitri 1442H

2-Sakit atau kesibukan lain

3-Masalah teknis penggunaan Zoom dengan berbagai persoalan yang mengikutinya

Namun tidak tertutup kemungkinan penyebabnya karena ketidak-tahuan mereka tentang manfaat Aerobik, Untuk itu dibawah ini saya sertakan cuplikan sajian artikel “Manfaat Aerobik” dari sumber yang tidak diragukan lagi

Sebelumnya mari kita intip beberapa peserta diantaranya :

Dari Klub KJS BLA Tegallega :

1-Djuhana/500067.000

2-Fatchur Rochman/490197.000

3-Entin Rustini/640498.000

4-Esih/500825.100

5-Sumitra/520729.000

Dari :

Sukabumi : Yeyet dan istri serta Dirianto

Ex LongHill : Gatot Pidekso dan Sumiyati

Mabes dan Ex : Rifai plus Istri serta Sunjoto Kerto Armojo

Kini saatnya kita ikuti bonus kali ini dari

(www.alodokter.com/) –  Tentang tujuh Manfaat Aerobik

 Manfaat aerobik beragam, yaitu menurunkan berat badan, menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan jantung dan manfaat lain, terlebih jika dilakukan rutin. Semua aktivitas yang memakai oksigen untuk membakar kalori, memproduksi energi, dan meningkatkan detak jantung, disebut aerobik. Di Indonesia, aerobik identik dengan senam

Arobik itu rangkaian gerakan dengan tempo cepat untuk meningkatkan asupan oksigen tubuh. Sehingga, proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh dapat meningkat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, banyak manfaat senam ini yang bisa Anda peroleh, apalagi jika dilakukan teratur dan konsisten.

Manfaat Aerobik

Hampir tiap gerakan aerobik untuk melancarkan dan meningkatkan aliran oksigen ke otot tubuh dan jantung. Makin banyak oksigen masuk tubuh, fungsi organ berjalan  baik dan tubuh makin sehat. Berikut ini ragam manfaat senam aerobik jika dilakukan rutin:

1-Menjaga kesehatan jantung

Senam ini membuat napas dan jantung berdetak lebih cepat, sehingga memperkuat otot jantung dan jantung memompa darah lebih efisien. Aerobik juga menurunkan tensi pada penderita hipertensi.

2-Meningkatkan Stamina

Saat baru memulai senam aerobik, Anda mungkin merasa lelah walau sebentar. Namun, jika rutin, perlahan stamina meningkat dan Anda jadi tidak mudah lelah.

3-Memperbaiki suasana hati

Gerakan aerobik bisa membuat tubuh melepaskan hormon endorfin yang berperan meredakan nyeri alami, meningkatkan suasana hati, dan rasa bahagia. Aerobik juga bisa meredakan cemas dan membuat tubuh lebih rileks, sehingga tidur jadi lebih nyenyak.

4-Menurunkan berat badan

Jika rutin dan disertai pola makan sehat, senam  dapat menurunkan berat badan. Lakukan senam aerobik setidaknya 150 menit setiap minggu.

5-Menurunkan kadar kolesterol jahat

Senam aerobik juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menekan kadar kolesterol jahat (LDL) tubuh. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah atau aterosklerosis.

6-Mencegah berbagai penyakit

Jika teratur, senam aerobik bisa mengontrol tekanan darah dan menjaga kadar gula darah. Dalam jangka panjang, aerobik dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti jatung koroner, diabetes tipe 2, obesitas, osteoporosis, stroke, hingga kanker.

7-Meningkatkan kemampuan kognitif

Manfaat senam aerobik selain baik bagi kesehatan, juga mental. Senam aerobik  rutin juga terbukti dapat mengurangi penurunan kemampuan kognitif pada lansia, sehingga dapat mencegah pikun.

Apa saja yang perlu diperhatikan?

Sebelum memulai senam aerobik, ada hal hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:

Frekuensi dan intensitas

Hasil penelitian, manfaat aerobik lebih optimal bila dengan durasi singkat, tapi frekuensi lebih sering. Anda bisa menjadikan aerobik bagian dari keseharian dan gaya hidup. Namun, aerobik berlebihan tidak baik untuk tubuh. Terlalu sering bersenam aerobik menyebabkan seperti : Kelelahan, gangguan tidur, dan jantung berdebar saat istirahat.

Pemanasan dan pendinginan

Senam aerobik terbagi 3, yaitu pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Pemanasan atau peregangan sebelum OR dan pendinginan setelahnya untuk mengurangi cedera saat senam.

Meski senam aerobik bermanfaat bagi kesehatan, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter Yakes, terutama bila memiliki penyakit kronis atau kondisi medis tertentu. Tujuannya untuk menentukan batas yang aman, sesuai kondisi Anda.

Sebelum acara berakhir Senam Aerobik ini para Jajaran YWN ini menghaaturkan ucapan Selamat Idul Fitri 1442H. Taqobbalalloh minna wa minkum, taqobbal ya kariem

Ditinjau tanggal 29/03/2021 oleh: dr. Sienny Agustin; bahan bahan dari : https://www.alodokter.com/menjaga-kesegaran-tubuh-dengan-senam-aerobik)

Melihat manfaat Aerobik ini, apa yang Anda tunggu untuk bergabung dengan Aerobik melalui YWC Area Jabar. Kalau tidak dari sekarang, Anda mau melakukan kapan???

(Kolaborasi Djuhana-KJS Tegallega Bandung Selatan dan FatchurR)

Senam Aerobik Virtual (11-05-2021) Dan Manfaat Senam Aerobik

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close