Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Yoga Virtual (10-05-2021) Dan Hindari Kekeliruan Dalam Yoga

Terimakasih telah mengikuti Senam Yoga Virtual, semoga Anda tetap sehat selalu. Aamiin. Kali ini Senam Yoga YFC Jabar pada hari  Senin tanggal 10-05-2021-bersama mas Diki yang terus melayani para Pensiunan yang berpuasa Ramadhan sambal mencari kesehatan

Peserta Senam ini sebanyak 30 orang dan sebagaimana biasa diikuti pensiunan Area Jawa Barat mulai dari Klub Sukabumi hingga Klub Senam dati Bandung Raya

Khusus Anggota KJS BLA Tegallega yang hadir adalah :

1-Djuhana/500067.000

2-Fatchur Rochman/490197.000

3-Entin Rustini/640498.000

4-Esih/500825.100

5-Tatang Kartiwa/490347.000

6-Sumariswati.

7-IGN Duinda/520421.000

Peserta lainnya dari Sukabumi :

1-Arifin dan istri

2-Dirianto

3-Sujoko da Istri

Dari mantan Longhill

1-Sumiyati dan Suami (Dindin)

2-Wiwiek Hendhayani

Dari Mabes : Mohammad Rifai dan Musriyati

Bonus kali ini penyaji menyertakan artikel tentang “Hindari Kesalahan dalam OR/Senam Yoga”

(hellosehat.com)-Sepintas,   Yoga seperti OR yang mudah, namun OR ini memiliki teknik rumit. Tak jarang orang melakukan kesalahan, sehingga gagal mendapat manfaat yoga secara maksimal. Berikut kesalahan dalam yoga yang perlu Anda ketahui.

Kesalahan yang harus dihindari

Dilansir oleh Medical News Today, yoga itu OR yang menggabungkan pose tertentu, teknik pernafasan, dan meditasi/relaksasi. OR ini  dapat memperbaiki kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama menyelaraskan kontrol fisik dan psikis. Tapi, banyak penggiat melakukan kesalahan kecil, di antaranya:

1-Menahan nafas

Telah dijelaskan sebelumnya, Yoga itu selain berfokus pada postur tubuh, tapi juga pernapasan. Maka itu, pastikan Anda tidak melakukan kesalahan yang satu ini, terutama saat mempraktikkan pose yang sulit. Ketika yoga, Anda justru harus merasakan setiap tarikan dan embusan napas Anda.

Bernapas secara sadar dan focus, berbeda dengan saat Anda bernapas biasa. Dengan fokus pernapasan, Anda merangsang kerja korteks serebral. Korteks serebral adalah bagian otak yang mengelola emosi Anda. Ketika emosi terkontrol, Anda merasa lebih tenang dan rileks.

2-Terlalu tegang

Kesalahan lain mungkin saat ikut yoga adalah berpikir banyak, sehingga jadi tegang. Biasanya, pikiran itu muncul karena Anda merasa tidak yakin dengan diri sendiri. Anda tidak yakin tubuh Anda lentur untuk melakukan Gerakan Yoga, kurang kurus, tidak punya pakaian yang cocok, dll.

Anda mungkin cenderung membandingkan diri Anda dengan orang lain yang ikut Yoga. Nah, pikiran seperti ini justru dapat menghambat Anda. Jika Anda khawatir soal tubuh Anda kurang fleksibel, tidak perlu khawatir. Justru, Anda akan mempelajari pose yang membantu tubuh Anda jadi makin lentur.

Selain itu, yoga bukan OR yang menuntut Anda sempurna, apalagi bagi yang baru pertama mencoba. Jadi, tak perlu cemas dan ingat tiap orang pasti belajar dari nol sebelum menguasai sesuatu, termasuk yoga.

3-Memaksakan pose yang menyakitkan

Kesalahan lain yaitu, memaksakan diri. Banyak yang berusaha keras saat menjajal pose tertentu, hingga tubuh kesakitan. Padahal, memaksakan gerakan yang tidak biasa berisiko cedera. Anda tak wajib mencoba semua pose. Jika sakit, berhenti sejenak. Yang terpenting dalam yoga dengarkan dan hargai batasan dari tubuh Anda.

4-Memilih kelas dengan level lanjutan, padahal Anda  pemula

Mungkin tebersit di pikiran Anda langsung mencoba kelas yoga tingkatan lebih tinggi, harapannya dapat hasil instan. Hal ini suatu kesalahan dalam yoga. OR ini, pada dasarnya, tidak memberi hasil langsung terasa dalam waktu singkat. Kembali lagi ke poin 3, terlalu memaksakan diri malah akan berisiko.

Pilihlah kelas yoga dengan tingkatan yang sesuai kemampuan Anda. Kuasai tenaga dalam tubuh Anda lebih dulu. Setelahnya, Anda akan merasa lebih nyaman saat melakukan pose yang lebih menantang.

5-Melupakan arti dan tujuan sebenarnya

Kesalahan umum lainnya, tidak memahami utuh tujuan yoga. Ada yang mengira yoga hanya OR fisik semata. Padahal, yoga memiliki arti lebih dari aktivitas fisik. Yoga mengedepankan keseimbangan antara tubuh dan pikiran. Ahli dan praktisi yoga tak menjadikan kebugaran tubuh sebagai tujuan utamanya.

Mereka juga berfokus pada spiritualitas, yang mereka tekankan pada teknik pernapasan dan fokus mental.

Dengan memahami tujuan yoga, Anda tidak hanya mendapatkan tubuh kuat dan sehat, tapi juga spiritualitas lebih kaya. Dengan begitu, Anda bisa menghadapi hidup lebih tenang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

(https://hellosehat.com/kebugaran/kelenturan/kesalahan-dalam-yoga/)-

(Kolaborasi Djuhana-KJS Tegallega Bandung Selatan dan FatchurR

Senam Yoga Virtual (10-05-2021) Dan Hindari Kekeliruan Dalam Yoga

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close