Iptek dan Lingk. Hidup

Yang Perlu Diketahui Jika Tak Setuju Kebijakan Privasi WA

(techno.okezone.com)-JAKARTA; WA memasuki 2021 mengeluarkan kebijakan privasi baru, dan Sabtu (15/5/2021) jadi batas akhir bagi pengguna WA untuk menyetujui kebijakan baru itu.

Beberapa hal harus disetujui pengguna aplikasi anak perusahaan FB itu misalnya rekam jejak transaksi dan pembayaran lewat aplikasi itu. Pengguna WA bebas memilih menerima atau menolak kebijakan baru itu, namun ada 3 hal jika menolak kebijakan dari WA seperti dirangkum dari berbagai sumber berikut ini:

1-Layanan yang dibatasi

Beberapa layanan untuk bertukar pesan di aplikasi WA dibatasi dari pengguna yang tak setuju kebijakan privasi terbaru itu. Nantinya akan beda- beda pada tiap pengguna, pengguna dapat kembali menggunakan aplikasinya secara normal jika menyetujui kebijakan privasi terbaru WA.

2-Hanya bisa telepon dan terima notifikasi

Meski akun pengguna tidak dihapus  otomatis oleh WA, mereka tak dapat membalas pesan singkat yang dikirim via aplikasi WA jika tidak menerima kebijakan privasi baru. Pengguna hanya bisa menerima notifikasi pesan masuk dan melakukan balasan dengan jalur telepon di aplikasi WA.

Jika ada pengingat untuk menerima kebijakan baru privasi WA dan pengguna tetap menolak layanan itu maka layanan telepon hingga menerima notifikasi bisa dihentikan sepihak oleh anak perusahaan FB  itu.

3-Tidak ada penghapusan akun

WA memastikan tidak menghapus akun tiba- tiba jika pengguna menolak kebijakan privasi terbaru itu. Namun, jika tidak digunakan 120 hari mungkin akun itu dihapus, dianggap tidak lagi aktif. Penghapusan akun menyebabkan anda kehilangan jejak pesan singkat, hingga dihapus dari segala kegiatan di grup WA dan menghilangkan penyimpanan data cadangan yang ada di Whatsapp.

Ahli Hukum Teknolohi dan pendiri Software Freedom Law Center (SFLC) Mishi Choudhary menyebutkan dengan menerima kebijakan privasi WA, pengguna memberi lebih banyak info ke raksasa medsos yaitu FB.  Data anda dikumpulkan di balik “Terms and Conditions” itu kadang disetujui tanpa sadar oleh pengguna karena tidak dibaca dan langsung diterima.

Penerimaan kebijakan privasi dari WA akhirnya membawa pengguna mengutamakan kenyamanan penggunaan aplikasi di banding dengan privasinya.

(amr; DKA  Bahan dari : ANTARA dan https://techno.okezone.com/read/2021/05/16/16/2410839/3-hal-yang-perlu-anda-tahu-jika-tak-setujui-kebijakan-privasi-whatsapp)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close