Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Yoga Virtual YFC Jabar (06-05-2021) Dan Mengatasi Sulit Tidur

Terimakasih telah mengikuti Senam Yoga virtual YFC semoga tetap sehat selalu. Aamiin. Di hari Shaum Ramadhan ke 24 ini rupanya peserta yang masih bersemangat menggapai sehat  melalui upaya ikut Senam oga Virtual tercatat 28 orang.

Telah kita ketahui bahwa manfaat ikut Yoga salah satunya mengatasi beberapa penyakit seperti sering kita dengar dari pensiunan yang berbagi pengalaman sebagai penderita suatu penyakit melalui acara “Pagi Ceria” setiap hari Senin. Belum lagi tanya jawab tentang penyakitnya setelah Yoga  untuk memperjelas cara mengatasi keluhannya, salah satunya tentang “Mengatasi sulit tidur”

Untuk menambah wawasan tentang topik tersebut, berikut disajikan cuplikan tentang Yoga dan kesulitan tidur dari sumber berikut ini :

(health.detik.com)-Insomnia sering terjadi karena penderita tidak tenang atau banyak pikiran, yang  menyebabkan susah tidur dan kurang istirahat. Padahal tidur yang baik diperlukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Solusinya, cobalah beberapa gerakan yoga penenang ini.

Yoga dapat menjadi satu aktivitas yang tepat guna menghilangkan insomnia karena dapat menimbulkan rasa tenang. Berikut 7 gerakan yoga yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang tenang, seperti dilansir Huffingtonpost, Kamis (4/7/2013):

1- Gerakan membungkuk ke depan

Ini mudah dilakukan bahkan untuk pemula, dan paling bagus dilakukan sebelum tidur. Jika pada bagian pinggul terasa terlalu kencang, disarankan untuk duduk di atas bantal agar posisi sedikit kendur.

Posisi yoga satu ini bagus untuk tidur. Ini juga menghilangkan ketegangan dan membiarkan pinggul terbuka sehingga akan menciptakan rasa tenang dalam tubuh.

2-Gerakan Membungkuk ke Depan (Uttanasana)

Untuk melakukan posisi ini, berdirilah dengan kaki merenggang kurang lebih 15 cm dan lipat tubuh ke arah lantai, hingga tangan menyentuh lantai atau bungkukkan lengan dan sentuh tangan yang berlawanan dengan siku berlawanan.

Posisi ini berguna untuk menghilangkan sakit kepala dan insomnia. Selain itu posisi ini juga dapat berguna untuk mengurangi stres. Sedikit ayunkan tubuh ke kiri kanan dan bernapas, dan lekukkan lutut sebanyak yang diperlukan guna mengurangi ketegangan

3-Gerakan Anak Kecil (Balasana)

Posisi klasik di banyak kelas yoga, posisi Balasana dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan ketegangan dalam tubuh. Lipat tubuh di atas kaki dengan lengan memanjang dan letakkan kening Anda di atas lantai. Ambil napas dalam-dalam. Setelahnya, pijat kening dari kiri ke kanan guna menghilangkan ketegangan pada titik alis.

4-Posisi Menyeruduk (Halasana)

Tetaplah dalam posisi menyeruduk 1-5 menit agar mudah tertidur. Berbaring, angkat kaki ke atas kepala dan kemudian sentuh lantai di belakang Anda dengan menggunakan kedua tangan guna untuk menopang tubuh. Dengan mengubah aliran darah, Anda dapat membawa kembali vitalitas baru ke dalam tubuh.

5-Kaki Menempel Pada Dinding (Viparita Karani)

Posisi yang simpel ini sangat bagus dilakukan untuk relaksasi pada sore hari dan untuk menghilangkan stres. Dengan berada di posisi ini selama lima menit, dengan mata ditutup atau Anda juga dapat menggunakan penutup mata.

  1. Posisi Mayat (Savasana)

Buatlah tubuh Anda berada di posisi tidur dengan posisi mayat yang sederhana ini. Fokuskan perhatian Anda pada tubuh dan napas, lalu lepaskan kecemasan anda. Dengan memfokuskan pikiran dan membawa kesadaran, Anda akan menghilangkan pikiran yang menyebabkan stres atau ketidaktenangan

7-Telentang dan Memutar Tulang Belakang (Supta Matsyendrasana)

Posisi ini dapat dengan mudah dilakukan di kasur sebelum Anda tidur. Berbaring dan letakkan lutut kanan ke atas dada kemudian lewati sisi kiri tubuh Anda. Renggangkan lengan kanan dan lihat ke kanan, ambil napas dalam-dalam lalu ulangi untuk sisi lainnya.

Anda juga dapat mengangkat kedua kaki di kedua sisi, seperti pada gambar. Putarkan tubuh dengan perlahan dapat menghilangkan ketegangan di seluruh tulang belakang dan juga dapat memperlancar pencernaan.

Sebagai penutup tidak ada salahnya bagi penderita Insomnia (sulit tidur) atau yang sehat untuk mencoba nya sebagai bagian dari upaya kuratif dan preventif. Sekaligus diinformasikan.

Kita tunggu respon berdasarkan pengalaman pak Dindin atau peserta lainnya tentang mengatasi sulit tidur ini agar makin luas wawasan kita

Berikut gambar gambar :

1-Yoga seperti yang diuraikan diatas

2021 06- Mei Gerakan Yoga Untuk Dapat Tidur Yang Tenang

2-Yoga tanggal 06/05/2021 instruktur dan sebagian pesertanya

Peserta Yoga Virtual YFC Jabar (06-05-2021) Dan Mengatasi Sulit Tidur

(mer/vta; Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika)

(Kolaborasi Djuhana-KJS Tegallega Bandung Selatan dan-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close