Opini dan sukses bisnis

Kopi Nusantara Buwas Mendunia

(beritasatu.com)-JAKARTA; Dirut Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) membawa Kopi Nusantara Buwas ke pentas dunia. Hasilnya, kopi ini memenangi berbagai kompetisi dunia dan mendunia. Sebab, kini, kopi itu telah dijual di beberapa negara, termasuk di Eropa.

“Kami jual kopi hasil Nusantara dengan 3 kemasan berbeda dan tujuan pasar Asia dan Eropa. Ini kopi premium,” ungkap Buwas dalam wawancara eksklusif dengan Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holding, Primus Dorimulu di Jakarta, (6/5/2021).

Buwas menyebut dirinya mulai mengenal kopi saat bertugas jadi kepala BNN (2018) yang menemukan ladang ganja luas dan subur di Aceh. Dia berupaya agar petani tak lagi tanam ganja dan mengajaknya  untuk menanam kopi.

Namun, jelang pensiun dia dengar kekhawatiran masyarakat tentang hasil panennya yang kemungkinan tidak terserap di pasar. Akhirnya, dia berjanji menyerap produk kopi itu dengan menghadirkan brand Kopi Nusantara Buwas.

“Jenderal itu juga mengandung makna general. Selain itu, karena saya dari Kepolisian dan bintang tiga, akhirnya saya berikan nama Kopi Jendral berlambang bintang tiga,” jelas Buwas.

Setelah sukses mengenalkan Kopi Jenderal ke dunia, Buwas mengenalkan kopi berkualitas itu ke masyarakat Indonesia dengan membuka Kedai Jenderal Kopi Nusantara Buwas di lobi Perum Bulog, Jakarta. Dia berencana membuka kedai serupa di beberapa daerah di Jakarta dalam waktu dekat. Sayangnya, Buwas tidak merinci wilayah yang jadi tujuan ekspansi kedainya tersebut.

Sebelumnya, Direktur PT Multi Alam Nusantara, pengelola Kedai Jenderal Kopi Nusantara Buwas, Yogo Wasono mengatakan kedainya menghadirkan kopi yang tak akan ditemukan di kedai kopi lain, yaitu kopi ganja. Kopi ganja itu hasil campuran dengan komposisi khusus antara kopi Gayo dan Jawa yang menghasilkan rasa yang nikmat.

Kopi ini jadi bahan dasar dari berbagai kopi andalan di kedai ini. Salah satunya kopi klepon menu andalan mereka. Kopi ini terinspirasi dari kue klepon yang identik dengan cita rasa Indonesia.

“Kopi klepon hasil riset kami. Dengan racikan kopi ganja ditambah berbagai campuran bahan lain yang merupakan rasa identik Indonesia, seperti gula aren, pandan, santan, dan serbuk kelapa, dan susu, sehingga membuat rasanya enak, nikmat, dan dijamin membuat ketagihan,” kata Yogo Wasono.

Menurut Yogo, di kedainya pencinta kopi tidak hanya dapat menikmati kopi seduh, juga dapat beli biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia yang sudah melewati proses roasting. Kopi itu hasil berburu Buwas dari Sabang sampai Merauke.

Soal harga, Yogo menyebutkan Kedai Jenderal Kopi Nusantara Buwas menawarkan harga terjangkau. “Mulai Rp 20.000 sudah bisa menikmati kopi berkualitas tinggi asli Indonesia,” katanya.

(Indah Handayani; AB; Bahan dari : https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/770851/kopi-nusantara-buwas-mendunia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close